Kids Republik Gelar Gerakan Mengajar 1.000 Guru PAUD dan TK

Selasa, 01 Maret 2016 - 13:07 WIB
Kids Republik Gelar Gerakan Mengajar 1.000 Guru PAUD dan TK
Kids Republik Gelar Gerakan Mengajar 1.000 Guru PAUD dan TK
A A A
JAKARTA - Yayasan Batin Cahaya Bangsa yang menaungi sekolah Kids Republic Jakarta Timur, mengadakan pelatihan Gerakan Mengajar 1.000 Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Gerakan yang dibentuk sejak September 2015 ini bertujuan untuk mendidik sesama guru dan bertukar informasi mengenai dunia pendidikan demi menciptakan generasi penerus bangsa yang produktif, intelektual dan kreatif.

"Jadi kita fokuskan untuk mendidik TK dan PAUD yang minim fasilitas seperti tidak ada mendapatkan SPP dan minim fasilitas," ujar Founder Kids Republic, Zita Anjani dalam acara Gerakan Mengajar 1.000 Guru PAUD & TK di Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (1/3/2016).

Dia menyayangkan masih banyak anak-anak yang mendapatkan pendidikan usia dini seperti menghafal, mendikte dan mencatat. Pendidikan semacam itu, kata dia tidak relevan untuk anak usia dini seperti PAUD dan TK.

"Saat ini kita membutuhkan metode pengajaran yang dua arah atau berdiksi dan anak dibebaskan untuk menyampaikan pendapat," ucapnya.

Menurutnya, pendidikan usia dini Montessori mampu menghasilkan anak lebih kreatif dan bersaing. Dia menjelaskan, metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangan dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik.

"Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan autodidak untuk memperkenalkan berbagai konsep," jelasnya.

Dia menambahkan, Gerakan Mengajar 1.000 guru PAUD & TK akan digelar di beberapa kota Indonesia lainnya. "Kita akan buat di Lampung dan kegiatan lainnya. Enggak cuma di Jakarta aja," tandasnya.

Baca: PAUD di Indonesia Dinilai Minim Ide.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3187 seconds (0.1#10.140)