PKPU Bandung dan IZI Jabar Gelar Seminar Smart Parenting

Senin, 07 Maret 2016 - 11:20 WIB
PKPU Bandung dan IZI Jabar Gelar Seminar Smart Parenting
PKPU Bandung dan IZI Jabar Gelar Seminar Smart Parenting
A A A
KARAWANG - Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Bandung menyelenggarakan Seminar Parenting di Karawang. Acara tersebut mengusung tema, Agar Anak Tidak Gadget Holic. Hadir acara tersebut menghadirkan psikolog sekaligus pakar parenting nasional, Elly Risman.

Kepala Cabang Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Barat (Jabar), Surisman Thoyyib mengatakan, program parenting merupakan wujud dari kepedulian dan kesadaran lembaga untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat luas.

“Peranan orangtua sangat penting dalam mendidik anak. Anak merupakan aset bangsa dan masa depan, harus dikawal akhlaknya, pendidikannya serta bentuk pola asuh dari orangtuanya," ujar Surisman, Karawang, Jawa barat, Senin (7/3/2016).

Sementara itu, Kepala Cabang PKPU Bandung, Kiki Rejeki dalam sambutannya menyampaikan, PKPU melalui program keluarga berdaya sangat peduli dengan perkembangan dan masa depan anak bangsa.

“PKPU juga saaat ini sedang gencar menggalakkan program perbaikan gizi balita dan anak. Pendidikan pola asuh dan perbaikan gizi balita dan anak adalah hal penting,” ucap Kiki.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan kepada peserta, 100% dana yang terkumpul dari kegiatan seminar ini akan didonasikan langsung untuk program PKPU Perbaikan Gizi Balita dan Anak.

“PKPU mengucapkan terima kasih kepada IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) dan kepada berbagai pihak terutama mitra sekolah, mitra tabung peduli dan mitra pengusaha yang telah bekerja sama sehingga program-program kemanusiaan dapat kita wujudkan dengan baik," jelasnya.

Dalam acara itu, Elly Risman mengingatkan, orangtua harus memiliki kesiapan pengetahuan, keterampilan komunikasi dan empati serta kematangan emosional dalam berinteraksi dengan anak.

Praktisi Pemberdayaan Masyarakat, Fadly Halim Hutasuhut menambahkan, sekarang semakin banyak orangtua, guru dan masyarakat sadar akan dampak positif bagi masa depan anak yang lebih baik.

Namun, dia mengakui karakterisitik daerah seperti semi rural dan urban, mayoritas orangtua adalah buruh pabrik dengan pendidikan rendah merupakan daerah yang rentan akan permasalahan anak maupun permasalahan sosial lainnya.

“Permasalahan-permasalahan yang ada seperti gunung es. Program kluster berdaya dengan pilar keluarga berdaya, pemuda berdaya dan kampung berdaya yang diusung PKPU relevan untuk diterapkan di Karawang dan daerah sejenis," terang Fadly.

Seminar Smart Parenting diselenggarakan atas kerja sama PKPU Bandung dan IZI Jawa Barat bertempat di Gedung Aula RM. Lebak Sari Indah, Jalan Pintu Tol Karawang Barat. Meskipun dilaksanakan pada hari kerja, namun menapat antusias dari para orangtua.

Tercata ada 340 orang peserta seminar, terdiri dari orangtua serta guru yang berdomisili di Kabupaten Karawang dan sekitarnya. Bahkan mereka tetap antusias mengikuti seminar yang dimulai dari jam 08.00-14.00 WIB.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0094 seconds (0.1#10.140)