Unsoed Lima Besar PTN Paling Ketat di SNMPTN

Kamis, 12 Mei 2016 - 12:28 WIB
Unsoed Lima Besar PTN...
Unsoed Lima Besar PTN Paling Ketat di SNMPTN
A A A
JAKARTA - Kendati tidak berlokasi di kota besar bahkan bukan metropolitan, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah memiliki daya pikat tersendiri bagi siswa sekolah menengah atau madrasah yang hendak melanjutkan studi.

Meski begitu, tidak mudah bagi siswa untuk masuk ke Unsoed. Berdasarkan data Panitia Nasional Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hanya kurang dari 6 % yang diterima di 39 program studi pada kampus berjuluk monumen hidup kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini.

"Alhamdulillah, kegiatan SNMPTN berjalan dengan lancar dan Unsoed masuk peringkat kelima dengan keketatan tertinggi," kata Rektor Unsoed Dr Achmad Iqbal dalam siaran pers Humas dan Protokoler Unsoed, Kamis (12/5/2016).

Menurut hasil seleksi berbasis prestasi akademik yang diikuti 76 PTN, Unsoed peringkat kelima yang memiliki rasio ketetatan dalam seleksi masuk, setelah Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Negeri Jakarta (Jakarta), Universitas Sumatera Utara (Medan).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed Prof Dr Mas Yedi Sumaryadi berharap para calon mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar baru dan menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada.

“Serta menaati aturan akademik dan tata tertib mahasiswa yang berlaku di Unsoed, “ ujarnya.

Yedi juga meminta mahasiswa tidak lupa untuk segera registrasi sesuai dengan pilihan program studi dan waktu yang telah ditetapkan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Koordinator Humas Panitia SNMPTN Unsoed, Dr Wisnu Widjanarko menjelaskan agar para calon mahasiswa baru Unsoed yang diterima melalui jalur SNMPTN tidak lupa melaksanakan registrasi online dan registrasi fisik/verifikasi berkas.

Tahap awal adalah registrasi online yang rencananya akan dilaksanakan pada 17-20 Mei mendatang, melalui laman http://registrasi.unsoed.ac.id. Khusus bagi mereka yang diterima di Fakultas Kedokteran serta Kedokteran Gigi wajib mengikuti psikotes dan tes kesehatan pada 13 Mei di Kampus FK Unsoed.

Selanjutnya, pada 31 Mei dilaksanakan kegiatan registrasi fisik sekaligus verifikasi berkas dan pengarahan panduan akademik bagi calon mahasiswa baru yang digelar di Gedung Auditorium Graha Widyatama Unsoed.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)