Pesan Ketua DPR di Hari Pendidikan Nasional

Selasa, 02 Mei 2017 - 10:03 WIB
Pesan Ketua DPR di Hari Pendidikan Nasional
Pesan Ketua DPR di Hari Pendidikan Nasional
A A A
JAKARTA - Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Momentum ini seharusnya tidak diperingati sebagai seremonial belaka. Namun esensi dari pendidikan nasional patut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua DPR, Setya Novanto mengatakan, dalam sejarahnya, Ki Hadjar Dewantara sangat gigih memberangus benih kebodohan yang ditanamkan di ladang pemikiran rakyat Indonesia oleh penjajah Belanda. Menurutnya Ki Hadjar Dewantara pula yang mampu membuka mata seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya pendidikan.

"Kita sudah sepatutnya mengingat sejarah perjuangan Pendidikan Nasional yang dimotori oleh Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau dikenal Ki Hadjar Dewantara," kata Novanto melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews, Selasa (2/5/2017).

Dia juga menceritakan sejarah dirinya menempuh pendidikan di Surabaya, Jawa Timur. Dia menuturkan, kondisi saat itu perekonomian keluarga sedang sulit, sehingga ketika kuliha dia harus bekerja sebagai sopir sekaligus pembantu.

Imbalannya, kata dia tidak perlu membayar kos dan mendapatkan gaji untuk membiayai sekolahnya. "Saya juga mengisi waktu luang untuk berjualan beras di pasar lalu menjadi tukang cuci mobil di sebuah dialer mobil di Surabaya hingga menyelesaikan kuliah," tuturnya.

Maka itu dia mengimbau kepada masyarakat, khususnya generasi muda tidak takut melangkah melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Apalagi, lanjut dia, masa depan bangsa akan rapuh jika anak bangsa tidak memiliki pendidikan yang cukup. (Baca: Mendikbud Minta Guru Jangan Curang Memberikan Nilai USBN)

"Mari kita jadikan Hari Pendidikan Nasional sebagai pelecut semangat belajar belajar dan belajar di negeri ini," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6754 seconds (0.1#10.140)