791 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi CBT UIN Sunan Kalijaga

Sabtu, 30 Juni 2018 - 22:00 WIB
791 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi CBT UIN Sunan Kalijaga
791 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi CBT UIN Sunan Kalijaga
A A A
SLEMAN - Sebanyak 791 peserta mengikuti seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan sistem computer based test (CBT) di Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi Gedung Pusat Teknologi Informasi Terpadu (PTIPD). Seleksi berlangsung selama lima hari, yaitu yang telah dimulai sejak Selasa hingga Sabtu (26-30/6/2018).

Sekretaris Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Agung Rohimawan mengatakan tes CBT sama dengan tes tertulis pada umumnya yaitu menggunakan satu perangkat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi menggunakan kertas, baik untuk naskah soal maupun lembar jawabannya.

Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai terakhir dengan perangkat soal dalam bentuk digital dan tidak menggunakan kertas lagi.

"Untuk materi tes CBT meliputi tes dirasah Islamiah, tes potensi akademik (TPA), tes kompetensi dasar (TKD) untuk jurusan IPA atau IPS serta bahasa Arab dan Inggris," kata Agung, Sabtu (30/6/2108).

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Ridwan menambahkan seleksi masuk UIN CBT merupakan pelaksanaan yang kedua. Jika dibandingkan dengan CBT I, jumlah pesertanya lebih banyak, waktu itu hanya 361 peserta.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5339 seconds (0.1#10.140)