Diharapkan nama picu kontroversi tak terulang di UN SMP

Senin, 05 Mei 2014 - 13:08 WIB
Diharapkan nama picu kontroversi tak terulang di UN SMP
Diharapkan nama picu kontroversi tak terulang di UN SMP
A A A
Sindonews.com - Munculnya nama Calon Presiden (Capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo (Jokowi), pada soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, diharapkan tak terulang di UN tingkat SMP.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi X DPR, Reni Marlinawati. Menurutnya, sejauh ini pihaknya sudah melakukan pengecekan pada soal UN SMP dan ditemukan beberapa tokoh.

Atas temuan itu, sudah menyampaikanya kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). “Soal sudah diganti. Kemarin kita menemukan nama tokoh dan kami langsung menghubungi Mendikbud untuk segera menggantinya,” ujar Reni, saat dihubungi Sindonews, Senin (5/5/2014).

Reni mengungkapkan, untuk mencegah kekeliruan yang terjadi saat pelaksanaan UN tingkat SMA, Reni menyarankan, agar seluruh pihak yang terkait harus menjalankan prinsip dalam pendidikan.

"Yaitu menjunjung tinggi nilai akademis, tidak berpihak kepada kepentingan kelompok tertentu dan menghindari SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Menteri harus tegas menegakkan prinsip ini," tegasnya.

Sementara terkait soal ujian SMA yang mencantumkan nama Jokowi, Reni mengatakan, Komisi X DPR segera memanggil Mendikbud. “Minggu depan, setelah pembukaan sidang kami akan segera memanggil Pak Menteri untuk dimintai pertanggungjawaban,” ujar Reni.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6285 seconds (0.1#10.140)