Mahasiswa Thailand pelajari Kota Depok

Selasa, 13 Mei 2014 - 22:59 WIB
Mahasiswa Thailand pelajari Kota Depok
Mahasiswa Thailand pelajari Kota Depok
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa asal Thailand melakukan kunjungan studi ke kantor Pemerintah Kota Depok Selasa, (13/5/2014) di Balaikota Depok.

Kedatangan mereka diterima secara langsung oleh Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad beserta Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanian, dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok di Ruang Bougenvil Lantai 1 Balaikota.

11 mahasiswa tersebut berasal dari Mahidol University, Thailand, terdiri dari tujuh mahasiswa S1 dan mahasiswa S2. Mereka sedang menjalani pertukaran pelajar di Universitas Indonesia selama kurang lebih satu bulan lamanya. Terhitung sejak tanggal 21-20 Mei 2014 mereka akan mempelajari tentang bidang kesehatan, keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan.

Didampingi oleh mentor dari mahasiswa Pasca Sarjana UI Bambang Wispiono dan Dosen dari Mahidol University, mereka juga ingin mempelajari secara khusus tentang sistem pemerintahan di Kota Depok, dan bagaimana pengelolaan sampah, serta pengelolaan limbah di Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad menjelaskan, tentang sistem pemerintahan di Kota Depok. Ia menjelaskan tentang program pengolahan sampah, dan raperda sampah yang sedang digalakkan Pemerintah Kota Depok.

“Semua hal tersebut dilakukan semata-mata untuk membuat lingkungan di Kota Depok agar bersih dan sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan DKP Kota Depok Zamrowi menjelaskan tentang bagaimana sistem pengolahan, dan sistem pemilahan sampah dilakukan di Depok. Ia menjelaskan tempat unit pengolahan sampah dan bagaimana sebuah sampah organik dapat menjadi pupuk kompos.

"Tentang pengelolaan sampah residu, yaitu sampah yang tidak dapat di recyle kembali. Beberapa sistem diadopsi Pemerintah Kota Depok dari Kota Osaki Jepang. Bahkan kita bekerja sama, dan dimentoring oleh relawan lingkungan dari Kota Osaki, agar Kota Depok dapat mengambil ilmu pengelolaan sampah untuk diterapkan di Kota Depok demi menciptakan Kota Depok bersih dan hijau," paparnya.

Ia mengapresiasi para mahasiswa yang mempelajari tentang Kota Depok, baik dari sisi pemerintahan, kultur, ataupun dari berbagai bidang lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan studinya, semoga mahasiswa ini mendapatkan sebuah ilmu tentang bagaimana pengelolaan sampah dan upaya pelestarian lingkungan di Kota Depok,” tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9411 seconds (0.1#10.140)