Ini 10 Prodi Favorit di SBMPTN 2014

Rabu, 16 Juli 2014 - 17:08 WIB
Ini 10 Prodi Favorit di SBMPTN 2014
Ini 10 Prodi Favorit di SBMPTN 2014
A A A
JAKARTA - Panitia Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 mencatat terdapat beberapa program studi (prodi) favorit di perguruan tinggi negeri (PTN).

Prodi tersebut adalah Teknik Informatika dari kelompok ujian Sains dan Teknologi serta prodi Manajemen dari kelompok Sosial Humaniora sebagai prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa.

Pada kelompok ujian Saintek, prodi Pendidikan Dokter berada pada urutan kedua. Berikutnya berturut-turut menyusul prodi Teknik Sipil, Psikologi, dan Farmasi.

Sedangkan pada kelompok ujian Soshum, prodi Akuntansi berada pada urutan kedua. Lalu berturut-turut prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Hukum, dan Ilmu Komunikasi.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Joko Santoso mengatakan, data 10 kelompok prodi dengan jumlah peminat terbanyak tersebut sebagai gambaran apa yang sebetulnya saat ini dibutuhkan oleh masyarakat.

"Saya kira itu sesuai dengan jamannya. Jadi masyarakat ingin akses kesehatan menjadi mudah, makanya prodi Pendidikan Dokter masuk dalam 10 besar," ujar Joko dalam konferensi pers hasil SBMPTN 2014 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (16/7/2014).

Selain menjawab kebutuhan masyarakat, menurut Joko, motivasi utama para calon mahasiswa dalam memilih program studi di PTN adalah faktor ekonomi. Joko mencontohkan, pada 2014 ini prodi PGSD termasuk dalam 10 prodi favorit.

"Karena penghasilan guru cukup baik, bahkan hampir sama dengan dosen, maka akhirnya prodi tersebut diminati. Hal tersebut sekaligus menunjukkan peluang menjadi guru SD masih terbuka lebar, mengingat jumlah siswa didik pada sekolah dasar lebih banyak dari pada jenjang pendidikan di atasnya," tuntas dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7827 seconds (0.1#10.140)