2014, 82 Mahasiswa Asing Siap Belajar di UNY

Jum'at, 12 September 2014 - 16:53 WIB
2014, 82 Mahasiswa Asing Siap Belajar di UNY
2014, 82 Mahasiswa Asing Siap Belajar di UNY
A A A
JAKARTA - UNY menerima 82 mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan S1, S2 dan S3 tahun ajaran 2014/2015 ini. Para mahasiswa asing tersebut berasal dari 27 negara di lima benua.

"Seperti yang kita tahu, salah satu indikator keberhasilan internasionalisasi adalah minat dan jumlah mahasiswa asing yang belajar di sebuah perguruan tinggi (PT)," ujar Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY Dr Ing Satoto E Nayono, Jumat (12/9/2014).

"Dengan diterimanya 82 mahasiswa asing ini dapat dikatakan UNY telah berhasil mempromosikan diri karena semakin tahun semakin banyak pendaftar dari mahasiswa asing, baik yang melalui program beasiswa pemerintah maupun kuliah mandiri," sambungnya.

Dalam acara penyambutan mahasiswa asing 2014/2015 di kampus setempat, Satoto menuturkan, meskipun mayoritas mahasiswa asing yang berkuliah di UNY merupakan peserta beasiswa pemerintah Indonesia, namun tidak dengan mudah bagi setiap PT untuk mendapatkan kuota mahasiswa asing.

Pemberian kuota pada PT tergantung pada program yang ditawarkan dan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kemendikbud sendiri terhadap penerima beasiswa periode sebelumnya.

"Mungkin karena evaluasinya baik, UNY mendapat kuota yang cukup banyak. Tahun ini UNY boleh menerima 20 mahasiswa untuk jalur beasiswa Darmasiswa, padahal PT lainnya hanya mendapat kuota 6-10 mahasiswa. Salah satu keberhasilan UNY juga dapat dilihat dari jumlah peminat beasiswa Darmasiswa yang mendaftar ke UNY. Tahun ini ada 50 mahasiswa asing yang mengikuti seleksi," kata Satoto.

Mahasiswa asing yang diterima UNY tahun ini terdiri dari 20 mahasiswa beasiswa Darmasiswa dari BPKLN Kemendikbud. Mahasiswa ini akan belajar bahasa dan budaya Indonesia selama 1-2 semester.

Lalu beasiswa kemitraan negara berkembang dari Dikti Kemendikbud sebanyak sembilan orang. Mereka akan belajar bahasa Indonesia selama satu tahun, kemudian menempuh pendidikan pasca sarjana.

Ada pula beasiswa unggulan dari Dikti Kemendikbud, dimana dua mahasiswa akan menempuh program doktor. Selain itu, 39 mahasiswa mengikuti program transfer kredit dari Yunan Minzu University dan GDUFS, Tiongkok. Sembilan mahasiswa lainnya merupakan mahasiswa mandiri yang menempuh S1 dan S2 di UNY.

Negara asal para mahasiswa asing ini antara lain Madagaskar, Mali, Nigeria, Amerika Serikat, Tiongkok, Filipina, Korea, Singapura, Jepang, Jerman, Rusia, Spanyol, Hungaria, Denmark, Australia dan Papua Nugini.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab mengungkapkan apresiasinya pada para mahasiswa asing yang telah memilih UNY sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi. Ia berharap, program penerimaan mahasiswa asing tersebut bisa berjalan semakin baik.

"Dukungan semua pihak sangat kami harapkan bisa terus ada agar program mahasiswa internasional ini makin berkembang dan maju, sehingga dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa asing di UNY bisa terus bertambah," ujarnya.

Rochmat juga mengimbau agar tak hanya pihak universitas dan kantor urusan internasional saja yang mendukung para mahasiswa asing, tapi semua unit bahkan hingga ke tingkat fakultas dan program studi bisa bekerja sama dengan baik.

"Dan sebagai PT yang dituju para mahasiswa asing tersebut, kami ikut bertanggung jawab atas keselamatan hidup para mahasiswa asing ini selama menempuh pendidikannya," imbuhnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8869 seconds (0.1#10.140)