Bangga, 3 Siswa SMA di Manokwari Papua Dikirim ke Amerika Ikuti Program Ini

Minggu, 26 Februari 2023 - 08:48 WIB
loading...
Bangga, 3 Siswa SMA di Manokwari Papua Dikirim ke Amerika Ikuti Program Ini
Kepala SMAN 1 Manokwari Lucinda P Mandobar bersama 3 siswa yang akan dikirim ke Amerika Serikat untuk ikut program pertukaran pelajar. Foto/ANTARA/Fransiskus Salu Weking
A A A
MANOKWARI - 3 pelajar SMAN 1 Manokwari, Papua Barat, akan dikirim ke Amerika Serikat (AS). Mereka akan mengikuti Program Southeast Asia Youth Leadership Program (SEAYLP) pada April 2023.

Kepala SMAN 1 Manokwari Lucinda P Mandobar mengatakan, ketiga siswa yang lolos seleksi SEAYLP atau pertukaran pelajar yaitu Sarah Simanjuntak, Giorgio Mentasan dan Antonius Rahawarin.



"Seleksinya sekitar November tahun lalu dan ada tiga siswa kami yang lolos dalam program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat," ujar Lucinda, Sabtu (25/2/2023).

Dia menjelaskan, SEAYLP merupakan program pertukaran pelajar yang fokus pada latihan kepemimpinan dan pengembangan potensi diri guna mengeksplorasi tantangan yang dihadapi AS bersama negara ASEAN.

Program tersebut pernah diikuti seorang alumni SMAN 1 Manokwari beberapa tahun lalu. Alumni tersebut yang memberikan rekomendasi kepada Kebudes AS di Indonesia untuk melakukan seleksi di SMAN 1 Manokwari.



"Informasinya, ada enam pelajar dari Indonesia yang akan dikirim ke Amerika Serikat, yang 3 orang dari siswa SMA kami," katanya.

Menurutnya, 6 pelajar dari Indonesia harus berada di AS sebelum jadwal kegiatan yang dilaksanakan pada 7-28 April 2023 sehingga terlebih dahulu dilakukan pengurusan visa di Jakarta. Seluruh biaya pengurusan visa para pelajar, transportasi dan lainnya ditanggung sepenuhnya pihak AS.

Sekolah, kata dia, memberikan dukungan penuh bagi semua pelajar dalam mengeksplorasi kemampuan dan bakat melalui berbagai kegiatan positif baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Sekolah juga intens memantau perkembangan dari masing-masing pelajar dengan memberikan pemahaman agar bijak menggunakan media sosial setiap hari.

"Kalau ada kegiatan-kegiatan, kami tetap dorong anak-anak untuk ikut tapi tugas dia sebagai pelajar tetap dia jalankan," ucapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)