Alasan Dipilihnya SMA 78 untuk UN Pakai Komputer

Senin, 13 April 2015 - 13:40 WIB
Alasan Dipilihnya SMA 78 untuk UN Pakai Komputer
Alasan Dipilihnya SMA 78 untuk UN Pakai Komputer
A A A
JAKARTA - Siswa dari sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta memgerjakan Ujian Nasional (UN) dengan sistem Computer Based Test (CBT), salah satunya adalah SMAN 78 Jakarta.

Kepala Sekolah SMAN 78 Jakarta Rita Hastuti mengatakan, sekolah yang dia nakhodai telah melewati sejumlah verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Sehingga UN tahun ini dikerjakan seluruh siswanya dengan sistem CBT.

"Hanya beberapa sekolah saja yang pakai sistem CBT. Memakai atau tidak memakai CBT itu ada verifikasinya. Kala itu Dinas Pendidikan mengusulkan kepada sekolah-sekolah," kata Rita kepada Sindonews di SMAN 78 Jakarta, Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin (13/4/2015).

"Kemudian kita didatangi oleh petugas verifikasi dari Puspendik. Dari beberapa kriteria yang ditetapkan, kami memenuhi kriteria tersebut," imbuhnya.

Rita merincikan sejumlah kriteria penggunaan sistem CBT dalam mengerjakan UN yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Di antaranya, sekolah harus memiliki junlah komputer yang memadai, yakni 1 banding 3 dan memiliki cadangan 10 persen dari jumlah keseluruhan komputer.

Selanjutnya, koneksi internet harus baik dan memadai. Sekolah juga harus memiliki server yang terkoneksi dengan UPS.

"Kemudian ada jenset, dan ruangan yang nyaman. Dari kriteria itu, kita termasuk yang lolos sehingga menggunakan sistem CBT. Yang penting infrastruktur dibenahi dan anak-anak nyaman mengerjakan," kata Rita.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8248 seconds (0.1#10.140)