Dosen Unesa Bagikan Tips Kelola Uang THR bagi Mahasiswa

Jum'at, 21 April 2023 - 11:57 WIB
Dosen Unesa membagikan tips mengelola uang THR bagi mahasiswa. Foto/Dok/SINDOnews.
JAKARTA - Pemberian Tunjangan Hari Raya ( THR ) saat lebaran selalu dinanti baik bagi pekerja namun juga mahasiswa. Anak-anak muda atau mahasiswa panen THR dari berbagai pihak.

Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr. Moch. Khoirul Anwar mengatakan agar THR sekali setahun itu bisa lebih bermanfaat sebaiknya bisa dikelola dengan baik, terutama untuk anak-anak muda atau mahasiswa. Bagaimana caranya?

5 Tips Mengelola Uang THR bagi Mahasiswa

1. Jangan langsung dibelanjakan, simpan dulu



Dikutip dari laman Unesa, Jumat (21/4/2023), Khoirul mengatakan, anak-anak muda atau mahasiswa cenderung langsung membeli barang-barang tertentu atau buat makan-makan ketika baru mendapatkan THR.

Dia menyarankan, sebaiknya uang tersebut disimpan dan dikumpulkan terlebih dahulu untuk keperluan yang lebih bermanfaat atau yang manfaatnya berkelanjutan.

Baca juga: Raih Beasiswa IISMA, Anak Cleaning Service Ini Mengejar Mimpi ke Amerika

2. Prioritaskan kebutuhan



Buatlah daftar kebutuhan untuk membeli kebutuhan yang mendesak dan harus segera dibeli menggunakan uang THR. Buat daftar yang lengkap juga terkait kebutuhan perkuliahan yang dibutuhkan segera. Selain itu uang THR juga bisa sebagai dana tambahan membeli laptop bagi yang belum punya.

3. Menabung (saving)



Jika belum memiliki kebutuhan mendesak atau punya kebutuhan tetapi nominalnya masih belum cukup, uang THR bisa ditabung dulu sampai jumlah yang diinginkan terkumpul. Setelah terkumpul bisa digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Baca juga: Jadwal Lengkap dan Tata Cara Daftar UM PTKIN 2023, Dibuka hingga 15 Mei
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More