5 Kursus Kemendikbudristek yang Paling Diminati, No 1 Tata Busana

Sabtu, 27 Mei 2023 - 15:18 WIB
5 kursus Kemendikbudristek yang paling diminati masyarakat. Foto/Laman Ditjen Diksi.
JAKARTA - Kemendikbudristek memiliki program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) untuk peningkatan kompetensi kerja. Berikut ini 5 kursus yang paling diminati masyarakat di program tersebut.

Pendidikan nonformal, khususnya di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) turut meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia di Indonesia.

Peserta didik di LKP akan memperoleh pengetahuan dan praktik sesuai standar industri sehingga nantinya siap kerja dalam waktu pelatihan yang singkat.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengusung program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK).

Melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Vokasi, program PKK sukses untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik dalam dunia kerja setiap tahunnya.

Baca juga: Bintang, Siswa MAN 1 Jembrana Raih Juara 2 Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

Terdapat 21.000 lebih peserta didik yang saat ini sudah terserap dunia kerja untuk program PKK 2022.

Dari banyaknya bidang keterampilan kursus dan pelatihan, bidang apa saja yang paling banyak diminati? Berikut jawabannya yang dikutip dari laman Direktorat Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek.

1. Tata Busana



Selama sandang masih menjadi kebutuhan pokok manusia, tentu saja kebutuhan akan hal tersebut masih sangat banyak. Tak heran industri konveksi dan fesyen sangat membutuhkan pegawai kompeten di bidang busana dan menjahit. Hal tersebut dibuktikan dari terdapat 13.591 peserta didik yang mengikuti bidang ini di program PKK 2022.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More