PPDB Jawa Tengah SMA-SMK 2023, Berikut Berkas Persyaratan untuk Semua Jalur

Senin, 05 Juni 2023 - 14:29 WIB
Berkas persyaratan untuk PPDB Jawa Tengah SMA-SMK 2023. Foto/Dok/Isra Triansyah.
JAKARTA - Pemprov Jawa Tengah akan memulai PPDB jenjang SMA dan SMK pada 12 Juni 2023. Apa saja berkas persyaratan yang mesti disiapkan untuk setiap jalurnya?

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Tengah 2023 jenjang SMA negeri terbagi atas empat jalur. Yaitu jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, dan jalur Prestasi.

Sementara PPDB jenjang SMK Negeri di Jawa Tengah 2023 menggunakan sistem seleksi yaitu Seleksi Prestasi, Calon Peserta Didik dari Keluarga Miskin/Yatim, Sudah Tidak Memiliki Ayah dan/atau Ibu akibat terpapar Covid-19 dan ATS, dan Domisili Terdekat.

Dikutip dari Juknis PPD Jateng 2023, penetapan zonasi pada 15 Mei 2023, pengumuman PPDB 12 Juni, pengajuan akun dan verifikasi berkas 15-23 Juni, aktivasi akun 15-27 Juni, dan pendaftaran dan perubahan pilihan 23-27 Juni, masa tenang 28-29 Juni, pengumuman 20 Juni, daftar ulang 3-6 Juli, dan awal tahun ajaran baru 17 Juli 2023.

Untuk calon peserta PPDB Jawa Tengah, berikut ini berkas persyaratan yang harus disiapkan.

1. SMA Negeri

1.1. Jalur Zonasi

a. Buku Rapor SMP/sederajat.

b. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan.

c. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah Satuan Pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.

d. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Ajaran 2023/2024, dan belum menikah.

e. Kartu Keluarga yang diterbitkan dan/atau telah tinggal paling singkat 1 (satu) tahun yang dihitung sampai dengan tanggal akhir pendaftaran PPDB berdasarkan data administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More