Mengenal Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Sejarah hingga Jurusan Kuliah

Rabu, 05 Juli 2023 - 08:00 WIB
Mengenal Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh. Foto/Instagram @ppnp_politanipyk.
JAKARTA - Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh menjadi salah satu perguruan tinggi yang cocok bagi calon mahasiswa baru yang tertarik di bidang pertanian. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Mengingat potensi pertanian di Indonesia sangat potensial namun generasi muda yang terjun di dunia tersebut masih terbilang minim. Hal ini tentulah akan menjadi prospek yang bagus bagi lulusan Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh.

Dilansir dari laman Politani Payakumbuh, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh awalnya bernama Politeknik Pertanian Andalas yang didirikan pada 1980.

Ide munculnya pendidikan Politeknik Pertanian berasal dari pemikiran konsorsium ilmu-ilmu pertanian tahun 1983, dan ditindaklanjuti dengan pembukaan Politeknik Pertanian di 6 kota yaitu, Payakumbuh, Lampung, Jember, Samarinda, Ujung Pandang, dan Kupang.

Baca juga: Seminar FISIP UPNVJ Bahas Peran Media dan Politik dalam Hadapi Tantangan Global

Setelah proses pembangunan yang dimulai pada 1986, Politani ini akhirnya memulai perkuliahan pertama pada 6 Februari 1989 untuk 5 Program Studi dalam 3 Jurusan.

Sampai saat ini Politani Payakumbuh masih memiliki tiga fakultas yang terdiri dari Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Tanaman Perkebunan, dan Teknologi Pertanian. Namun jurusan yang diusung kini lebih banyak dengan total 15 Program Studi.

Fakultas dan Jurusan Kuliah Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh



Berikut ini daftar fakultas dan jurusan kuliah yang disediakan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

1. Fakultas Budidaya Tanaman Pangan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More