6 Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kamis, 06 Juli 2023 - 15:01 WIB
6 kampus dengan jurusan Data Science favorit di Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews.
JAKARTA - Terdapat sedikitnya enam kampus dengan jurusan Data Science favorit di Indonesia. Tak hanya perguruan tinggi negeri , namun juga banyak di antaranya dari kampus swasta.

Pada statusnya, jurusan kuliah seperti Data Science mungkin tidak sepopuler Kedokteran, Ekonomi, Ilmu Komunikasi, dan lainnya. Meski demikian, lulusan dari jurusan ini diperkirakan akan banyak dibutuhkan seiring perkembangan zaman juga.

Menyikapi kebutuhan yang semakin banyak, sejumlah kampus di Tanah Air juga sudah memiliki program studi Data Science. Berikut beberapa di antaranya.

Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia

1. IPB University



IPB University membuka peminatan sains data pada program studi Statistika dan Sains Data. Adapun tujuannya sendiri adalah merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya sains data di berbagai aspek.

Mengutip laman resmi IPB, program studi Statistika dan Sains Data mulai menerima mahasiswa baru di semua strata pada tahun akademik 2020 lalu. Lebih lanjut, jurusan ini berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Filsafat yang Menjanjikan, Masih Prospektif Kok

2. Universitas Airlangga (Unair)



Universitas Airlangga (Unair) menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Tanah Air. Dari sekian banyak jurusan yang dimiliki, mereka juga mempunyai program studi Teknologi Sains Data.

Jurusan Teknologi Sains Data Unair berada pada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTTM). Pada semester satu, nantinya mahasiswa jurusan ini akan dikenalkan dengan statistika dan pemrograman, termasuk Pemrograman R serta Pemrograman Python.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More