5 Contoh Teks Editorial Singkat dengan Struktur Lengkap

Selasa, 25 Juli 2023 - 17:09 WIB
Teks editorial adalah artikel dalam surat kabar yang berisi pendapat dan pandangan dari redaksi mengenai peristiwa yang sedang hangat. Foto/Kalbis.
JAKARTA - Teks editorial adalah artikel dalam surat kabar yang berisi pendapat dan pandangan dari redaksi mengenai peristiwa yang sedang hangat dan saat ini banyak dibahas oleh masyarakat. Artikel ini akan mengupasnya mulai dari struktur penulisan hingga contohnya

Teks editorial biasanya terdapat pada rubrik Opini. Rubrik ini berisi editorial dan surat dari pembaca. Editorial dibuat oleh jajaran redaksi media massa, sedangkan surat pembaca merupakan tulisan yang dikirim oleh masyarakat biasa.

Fungsi keberadaannya adalah tanggapan akan suatu isu yang sedang hangat di tengah masyarakat, memberi saran, dan juga melatih pembaca supaya berpikir kritis.

Struktur Teks Editorial

1. Pengenalan masalah



Pengenalan masalah atau tesis menjadi bagian awal yang sangat penting dalam sebuah teks editorial. Dalam tahap ini, tim redaksi memperkenalkan peristiwa atau isu yang akan menjadi fokus pembahasan.

2. Argumentasi



Penulis perlu menyusun argumentasi secara teliti agar pernyataan yang disampaikan dalam tulisannya menjadi kuat dan terpercaya. Argumentasi yang solid harus didukung oleh data penelitian yang dihasilkan dari pertanyaan yang relevan, pandangan para ahli, serta kombinasi fakta-fakta dan referensi yang sahih.

Baca juga: Mengenal Teks Normatif, Pengertian dan Juga Contohnya

3. Penegasan ulang



Dalam menyusun teks editorial, penulis perlu melakukan penegasan ulang terkait pendapat yang telah disampaikan dalam pembahasan. Penegasan ulang ini bertujuan untuk memperkuat argumentasi yang telah didukung oleh fakta dan opini yang relevan, sehingga pembaca semakin yakin akan kebenaran dan keandalan teks editorial yang disusun.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More