5 Langkah Menulis Teks Biografi, Lengkap dengan Penjelasan dan Struktur

Rabu, 02 Agustus 2023 - 18:02 WIB
Bagaimana menulis teks biografi, penjelasan, hingga strukturnya. Foto/Freepik/Nakaridore.
JAKARTA - Teks bacaan yang menceritakan kembali kisah hidup tokoh-tokoh ternama, seperti Ir. Soekarno, B.J. Habibie, atau tokoh-tokoh lainnya adalah teks biografi . Berikut ini adalah pengertian, struktur, dan langkah menulis teks biografi.

Teks biografi memiliki struktur serta unsur ciri kebahasaan tertentu yang menjadi ciri khas teks biografi.

Pengertian Teks Biografi



Teks biografi adalah narasi yang memaparkan perjalanan hidup seorang tokoh. Isi teks ini ditujukan untuk menginspirasi banyak orang dan ditulis oleh pihak lain yang ingin menyajikan kisah inspiratif mengenai tokoh tersebut.

Biografi mencakup pengalaman hidup, permasalahan yang dihadapi, serta kelebihan-kelebihan yang dapat memberikan inspirasi.

Biasanya, biografi mencakup sejarah hidup tokoh mulai dari kelahirannya hingga saat ini, bahkan setelah tokoh tersebut meninggal dunia. Tokoh-tokoh yang sering diabadikan dalam biografi adalah orang-orang terkenal, sukses, dan berpengaruh di masyarakat, seperti pahlawan, negarawan, penemu, pengusaha, sastrawan, dan lain sebagainya.

Selain biografi, ada juga teks autobiografi. Autobiografi adalah narasi yang berisi kisah hidup seseorang, tapi yang menulisnya adalah tokoh itu sendiri.

Baca juga: Seru dan Inspiratif, Ini 6 Rekomendasi Podcast untuk Memperluas Wawasan



Jadi, perbedaan utamanya terletak pada penulisnya. Biografi ditulis oleh pihak lain, sementara autobiografi ditulis oleh tokoh yang bersangkutan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More