Unair Pertahankan Posisi Top 5 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 07:45 WIB
Unair mempertahankan posisi di peringkat kelima kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023 edisi Juli. Foto/Unair.
JAKARTA - Universitas Airlangga (Unair) berhasil mempertahankan peringkat lima besar kampus terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics 2023. Dalam rilisan periode Juli 2023, posisi Unair berada pada peringkat 5 dari perguruan tinggi Indonesia dan 865 dari perguruan tinggi dunia.

Pada periode ini, Unair unggul dalam indikator excellence dan menempati posisi kedua di Indonesia. Dalam hal ini, secara rangking dunia Unair berhasil naik dari 990 ke 865. Ada tiga indikator yang menjadi penilaian Webometrics. Yaitu, impact dengan bobot 50 persen, openness 10 persen, dan excellence 40 persen.

Kemudian, secara nilai Unair mendapat impact (909), openness (1032), dan excellence (1231). Webometrics merupakan sistem ranking akademik internasional terbesar yang memberikan penilaian website dan publikasi penelitian di institusi pendidikan tinggi dunia.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kuliah Kedokteran Akreditasi Unggul di Sumatera, Ada Kampus Impianmu?

Lima perguruan tinggi lain di Indonesia yang masuk sepuluh besar setelah Unair yakni IPB University (peringkat 911 dunia), Universitas Sebelas Maret (peringkat 1037 dunia), Universitas Diponegoro (peringkat 1156 dunia), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat 1163 dunia), dan Universitas Hasanuddin (peringkat 1231 dunia).

Excellence



Nilai excellence Unair naik sebanyak 187 dari pemeringkatan sebelumnya pada Januari 2023, sehingga dari indikator tersebut Unair menduduki posisi kedua excellence setelah Universitas Indonesia. Penilaian indikator excellence meliputi jumlah publikasi ilmiah berupa paper/jurnal yang terindeks berdasarkan Schimago.

Pada indikator ini, Direktur Sistem Informasi dan Digitalisasi (DSID) Unair Yunus Abdul Halim mengatakan naiknya excellence karena link atau tautan Unair yang rusak (broken link) sudah mulai dibersihkan.

Biasanya, tautan yang rusak hanya akan menampilkan tulisan berisi kesalahan pada halaman. “Jadi web portal Unair yang tidak berfungsi, kami shutdown total dari 1000 lebih menjadi 600-an situs, karena kalau tidak, itu akan berpeluang masuknya link lain yang berbahaya,” katanya, dikutip dari laman Unair, Jumat (4/8/2023).

Impact

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More