6 Universitas yang Punya Jurusan Forensik di Indonesia, Ini yang Dipelajari

Senin, 07 Agustus 2023 - 19:30 WIB
Setidaknya ada 6 universitas di Indonesia yang punya jurusan forensik yakni cabang ilmu sains digunakan untuk membantu penegakan hukum. Foto/laman unpad
JAKARTA - Ini 6 universitas yang memiliki jurusan forensik di Indonesia tahun 2023. Bagi kamu yang menyukai film misteri, detektif dan thriller pasti tidak asing dengan istilah forensik.

Forensik adalah cabang ilmu sains yang pada umumnya digunakan untuk membantu penegakan hukum. Secara sempit, kita memahaminya sebagai ilmu yang mengungkapkan cara kematian seseorang.

Namun, pada kenyataannya, forensik tidak hanya tentang membedah mayat. Ada beberapa cabang keilmuan lainnya dalam ilmu forensik.Dewasa ini sejumlah universitas sudah memahami arti penting forensik bagi dunia kesehatan sehingga menginisiasi pembukaan jurusan Forensik di universitas masing-masing. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 universitas di Indonesia yang membuka jurusan Forensik.

Daftar 6 Universitas yang Ada Jurusan Forensik di Indonesia 2023

1. Universitas Indonesia (UI)

Sebagai universitas nomor satu di Indonesia, tak heran bila Universitas Indonesia, atau yang akrab dikenal sebagai UI, memiliki Program Studi Spesialis Ilmu Kedokteran Forensik.

Bayaran per semesternya berkisar antara Rp16.500.000,00 hingga Rp22.000.000,00, tergantung jenis kelas yang hendak kamu ambil.Oh ya, jurusan ini hanya bisa ditempuh dengan ujian mandiri, yaitu SIMAK UI.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)



Universitas yang ada jurusan forensik di Indonesia selanjutnya adalah UGM. Kampus ini menyediakan program studi spesialis Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal. Biaya per semesternya berkisar antara Rp14.000.000,00 hingga Rp25.000.000,00, tergantung jenis kelas yang hendak kamu ambil.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)



Ketiga, universitas yang ada jurusan forensik di Indonesia adalah Universitas Padjadjaran. Kampus yang terkenal di Bandung ini menyediakan program studi spesialis Forensik dan Medikolegal Biaya per semesternya kurang lebih Rp15.000.000,00, sementara biaya pengembangannya sekitar Rp10.000.000,00.



4. Universitas Airlangga (Unair)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More