7 Peluang Karier Menantang Alumni Hubungan Internasional, Bukan Hanya Diplomat

Selasa, 08 Agustus 2023 - 10:44 WIB
Profesi satu ini bisa kamu pertimbangkan apabila kamu memang tertarik menjadi akademisi. Kamu dapat menjadi seorang dosen yang bukan hanya mengajar tentang berbagai teori dari jurusan hubungan internasional saja.

Kamu juga dapat membimbing para mahasiswa dan mahasiswi kamu untuk memiliki kompetensi yang akan diperlukan.Tak berhenti sampai di situ. Sebagai dosen HI kamu juga akan wajib untuk melakukan berbagai penelitian yang masih berkaitan dengan bidang Hubungan Internasional.



4. Jurnalis



Mendapatkan ilmu mumpuni dari jurusan HI tentu bisa kamu manfaatkan untuk menjadi Jurnalis yang berkompeten.Pemahaman pengetahuan dan ilmu dari jurusan hubungan internasional yang dikolaborasikan dengan kemampuan menulis saat melaporkan sebuah peristiwa dapat menjadikan kamu wartawan handal yang menyiarkan berita eksklusif dari seluruh dunia.

Mungkin ini juga menjadi titik menyenangkan sebagai jurnalis, sebab kamu akan memiliki peluang melakukan liputan ke berbagai negara demi menciptakan jangkauan berita yang memiliki gagasan dan cakupan luas.

Untuk menjalani pekerjaan ini, besaran pendapatan yang akan kamu peroleh antara Rp5 juta hingga Rp7 juta. Jika pengalaman dan kompetensi kamu gemilang maka bisa saja pendapatan kamu lebih tinggi.

5. Government Relations Officer (Petugas Hubungan Pemerintah)



Lulusan Hubungan Internasional juga berpeluang untuk menjalani profesi sebagai seorang Government Relations Officer atau Petugas Hubungan Pemerintah yang bertugas di perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia.

Biasanya pekerjaan satu ini akan menghubungkan antara klien tempat seorang Government Relations Officer bekerja dengan pemerintah Indonesia. Seorang profesional di bidang satu ini akan mengadakan diskusi dengan para politisi di berbagai tingkat pemerintahan yang tujuannya untuk mempengaruhi legislatif dalam membuat kebijakan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More