Berniat Ajukan Keringanan UKT? Ini Contoh Surat Permohonan dan Tips Agar Disetujui

Senin, 14 Agustus 2023 - 12:19 WIB
Mahasiswa yang akan mengajukan keringanan UKT perlu menyusun strategi khusus agar surat permohonannya disetujui. Foto/Ist
JAKARTA - Kamu berniat mengajukan keringanan pembayaran UKT? Setiap perguruan tinggi, pasti memiliki sistem masing-masing dalam menentukan jumlah UKT ( Uang Kuliah Tunggal) Mahasiswa.

Meskipun begitu, terkadang jumlah UKT tidak sesuai harapan dan malah memberatkan bagi sebagian pihak, sehingga menjadikannya sebagai alasan untuk mengajukan surat keringanan biaya kuliah.

Meski diberi kesempatan untuk mengajukan keringanan UKT namun hal itu tetap dibutuhkan persyaratan, salah satunya membuat surat pengajuan permohonan penurunan UKT kepada fakultas maupun universitas.Agar nantinya surat permohonan keringanan UKT disetujui, artikel berikut ini akan membahas tips-tipsnya.

Contoh Surat Permohonan Penurunan UKT

• Pihak yang mengajukan adalah mahasiswa, sehingga tak perlu menggunakan kop surat meskipun termasuk dokumen resmi.

• Meski tak mencantumkan kop, perihal yang ingin disampaikan harus jelas, yakni terkait permohonan keringan biaya kuliah.

• Cantumkan siapa penerima tujuan secara tepat.

Misalnya penerimanya adalah Pembantu Rektor III yang mengurusi kemahasiswaan. Setiap kampus tentunya berbeda-beda, ada yang penerimanya ditujukan kepada Wakil Rektor Bidang Keuangan, Wakil Rektor II, dan sebagainya. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pihak yang lebih paham tentang hal itu di kampus.

• Buatlah kalimat pembuka secara singkat.

• Cantumkan data diri mahasiswa terkait yang ingin mengajukan keringanan UKT.

• Sampaikan maksud serta alasan penurunan UKT secara jujur juga harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More