Bagaimana Cara Penulisan Gelar D4 yang Benar? Simak Penjelasannya

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:07 WIB
Menuliskan gelar D4 agar tidak salah perlu diperhatikan calon mahasiswa yang berminat mendaftar pendidikan vokasi jenjang diploma. Foto/ruangguru
JAKARTA - Bagaimana penulisan gelar D4 yang benar? Pertanyaan yang terkesan sepele itu penting dilontarkan kepada calon mahasiswa yang berminat mendaftar pendidikan vokasi jenjang Diploma. Sistem pendidikan vokasi saat ini memang menjadi salah satu pendidikan yang diminati lulusan SMA/SMK. Salah satu keunggulan vokasi adalah memiliki durasi belajar lebih singkat mulai satu sampai empat tahun.

Meskipun demikian, program diploma satu dan diploma dua dianggap kurang relevan dengan perkembangan zaman modern ini. Sebagian orang lebih memilih melanjutkan pendidikan D3 atau D4 yang setara dengan S1. Nah, sudahkah kamu tahu cara penulisan gelar D4 yang benar? Untuk mengetahuinya, simak pemaparan berikut ini.

Cara Penulisan Gelar D4 yang Benar

1. Penulisan gelar di belakang nama



Seorang lulusan D4 atau dikenal pula dengan sebutan Sarjana Sains Terapan mendapatkan gelar S.Tr. di belakang nama orang terkait. Penulisan gelarnya pun harus nama dulu, jarak spasi kemudian gelar terkait, misalnya Agus Hariyanto, S. Tr.Ak. atau Sarjana Terapan Akuntansi.



2. Contoh gelar D4 di Indonesia

 Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial (S.Tr.Sos)

 Sarjana Terapan Keperawatan (S.Tr.Kep)

 Sarjana Terapan Kebidanan (S.Tr.Keb)

 Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More