Mengenal Jabatan Akademis dan Istilah-Istilah di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu

Kamis, 24 Agustus 2023 - 09:07 WIB
Gedung rektorat menjadi kantor resmi seorang Rektor yang merupakan salah satu jabatan akademis di universitas. Foto/Ist
JAKARTA - Ini sejumlah jabatan di kampus di Indonesia. Para mahasiswa baru (maba), sebelum mulai kegiatan perkuliahan, ada beberapa hal yang harus kamu tahu terkait dunia perkuliah dan kampus. Mulai dari istilah- istilah akademik dan juga beberapa jabatan yang ada di universitas.

Kenapa mahasiswa baru atau maba wajib mengetahui berbagai jabatan di kampus? Dengan mengenal jabatan di kampus, agar kamu nantinya tidak salah saat ingin mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jabatan-jabatan di kampus yang perlu diketahui.

Mengenal Jabatan di Kampus yang Perlu Diketahui Maba

1. Rektor



Rektor merupakan seseorang yang memimpin perguruan tinggi. Dalam menjalankan tugasnya seorang rektor bekerja di rektorat. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

2. Dekan



Dekan adalah Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi. Dekan adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin tertinggi di fakultas.

3. Kajur



Kajur adalah singkatan dari Ketua Jurusan. Mereka mengepalai sebuah jurusan. Mereka memiliki tanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi pada sebuah jurusan atau program studi.

4. Kaprodi



Kaprodi adalah sebutan dari Ketua Program Studi. Kaprodi sendiri adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi. Kaprodi memiliki tanggung jawab untuk penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More