Apakah Akreditasi Jurusan di Kampus Berpengaruh Terhadap Dunia Kerja? Berikut Infonya

Senin, 28 Agustus 2023 - 09:15 WIB
Pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja sangatlah banyak. Salah satunya, akreditasi jurusan sangat berpengaruh terhadap peluang menjadi PNS. Foto/dunia dosen
JAKARTA - Apakah akreditasi jurusan di kampus berpengaruh terhadap dunia kerja? Pertanyaan itu mungkin saja ada di benak mahasiswa ataupun calon mahasiswa baru. Selama ini disebut-sebut bahwa akreditasi jurusan memang ada pengaruhnya terhadap para lulusan sebuah universitas dalam melamar di dunia kerja.

Namun, harus diakui bahwa hanya beberapa alumni dari perguruan tinggi di Indonesia yang statusnya “mudah mendapatkan pekerjaan”. Mayoritas adalah dari perguruan tinggi dengan akreditasi yang baik, mulai dari akreditasi jurusan sampai akreditasi terhadap institusi pendidikan itu sendiri.

Lalu, apakah harus selalu kuliah di perguruan tinggi dengan akreditasi terbaik? Selain itu, apa saja pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja sehingga perlu dijadikan prioritas? Artikel kali ini akan mengulas penjelasan lengkapnya

Pengaruh Akreditasi Jurusan Terhadap Dunia Kerja



Jika mempertanyakan mengenai apa pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja? Maka jawabannya sendiri sangat banyak. Akreditasi menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan pada saat memilih perguruan tinggi. Tidak hanya melihat seberapa bagus gedungnya dan seberapa mahal biayanya.

Saat memilih jurusan pun, selalu mengutamakan jurusan yang tidak hanya sesuai minat dan bakat. Melainkan mencari perguruan tinggi yang akreditasi jurusannya minimal B, akan lebih baik jika A. Mengapa demikian? Hal ini sekali lagi dipengaruhi oleh berbagai pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja. Di antaranya adalah:

1. Syarat Menjadi Pegawai di Pemerintahan



Mempertimbangkan akreditasi jurusan atau akreditasi program studi saat memutuskan untuk kuliah adalah hal penting. Sehingga tidak asal masuk ke jurusan yang disukai tanpa memperhatikan nilai akreditasinya. Sebab nilai akreditasi dari jurusan yang diambil akan menentukan seberapa mudah mendapat pekerjaan.

Pasalnya, sampai detik ini banyak instansi pemerintahan yang mensyaratkan calon pegawainya lulus dari universitas dengan akreditasi minimal B. Demikian juga dengan akreditasi jurusan dari calon pegawai tersebut. Persyaratan ini ditetapkan karena mempengaruhi kualitas ilmu pengetahuan dan keterampilan calon pegawai.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More