Ciri-Ciri Teks Non Sastra dan Jenisnya sebagai Referensi

Jum'at, 22 September 2023 - 09:31 WIB
Ciri-ciri teks non sastra wajib diketahui untuk para pelajar, khususnya bagi yang ingin menulis secara formal. Foto/Freepik.
JAKARTA - Ciri-ciri teks non sastra wajib diketahui untuk para pelajar, khususnya bagi yang ingin menulis secara formal dan tidak terjebak dengan tulisan bergaya sastra .

Teks non sastra adalah teks yang bersifat faktual dan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan data-data yang akurat tanpa ada unsur fiksi atau imajinasi.

Karena tidak menggunakan unsur fiksi, teks non sastra dapat menjelaskan sesuatu dengan lebih detail dan menyeluruh sehingga bisa dijadikan referensi oleh para pembaca.

Berikut Ciri-Ciri Teks Non Sastra

1. Tidak Menggunakan Unsur Fiksi



Teks non sastra tidak menggunakan unsur fiksi atau khayalan sehingga semua informasi yang disajikan dalam teks non sastra bersifat nyata dan sudah dibuktikan.

2. Informasinya Akurat dan Faktual



Dalam menulis teks non sastra, penulis harus memiliki sumber data yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi yang kredibel. Karena tujuan dari teks non sastra adalah memberikan informasi dan data yang faktual kepada pembacanya.

3. Isinya Bersifat Objektif

Karena teks non sastra tidak menggunakan unsur fiksi atau khayalan, sehingga informasi yang diberikan bersifat objektif dan akurat.

Baca juga: 5 Channel YouTube yang Bikin Kamu Pintar Bahasa Inggris

4. Memiliki Struktur yang Jelas dan Terstruktur

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More