4 Tips Agar Uang Saku Kuliah Cukup Bagi Mahasiswa Rantau, Kantong Dijamin Aman

Senin, 02 Oktober 2023 - 18:00 WIB
Agar uang saku mahasiswa rantau tidak cepat habis sebelum memasuki akhir bulan, maka dibutuhkan sejumlah strategi agar uang cukup salah satu caranya dengan membuat perencanaan keuangan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 4 tips agar uang saku kuliah bisa cukup hingga akhir bulan bagi mahasiswa rantau. Menjadi mahasiswa rantau (luar kota) memanglah tidak mudah. Mulai dari adaptasi dengan lingkungan baru, perubahan sistem belajar juga cara mengatur uang saku agar cukup hingga akhir bulan menjadi tantangan bagi mahasiswa rantau yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi tertentu.

Dalam kebiasaan yang ada, biasanya uang saku mahasiswa tak terkecuali mahasiswa rantau biasanya cepat habis atau biasanya habis di awal-awal bulan. Melihat kelaziman ini, sangat penting untuk mahasiswa rantau mengatur keuangan agar uang saku kuliah tetap cukup hingga di penghujung bulan.

Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas sejumlah tips bagaimana mengatur uang saku kuliah bagi mahasiswa rantau agar tetap cukup hingga akhir bulan.

4 Tips Mengatur Keuangan Agar Cukup hingga Akhir Bulan Bagi Mahasiswa Rantau



1. Membuat Rencana Anggaran



Budget plan atau juga bisa disebut juga rencana anggaran adalah perencanaan keuangan agar anggaran masuk dan keluar tercatat dengan jelas. Budget plan dilakukan untuk mengatur keluar masuknya keuangan agar tujuan dan keinginan tercapai sesuai dengan rencana. Penting bagi kamu membuat rencana keuangan yang realistis sesuai dengan pemasukan dan gaya hidupmu.

2. Melacak Pengeluaran



Untuk kamu yang biasa disergap rasa bingung terkaut kemana uang sakunya dibelanjakan, kamu sebenarnya bisa melacaknya dengan mudah. Terlebih untuk zaman secanggih sekarang pastinya gampang banget buat tracking aliran uang dengan aplikasi tentunya.



3. Review Pengeluaran Maksimal Sebulan Sekali



Dengan mereview uang yang masuk dan keluar dalam satu bulan sekali, kamu jadi lebih tahu pengeluaran mana aja yang bisa dikurangi sehingga tetap dapat saving dengan sisa uang sakumu.

4. Atur Keuangan dengan Tiga Rekening Berbeda



Kamu bisa atur dan tetap pantau direct deposit dengan mempunyai tiga rekening berbeda. Sekarang sudah banyak bank yang menyediakan tabungan dengan admin bulanan yang murah. Lalu buat apa memiliki tiga rekening sekaligus?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wyn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More