10 Rekomendasi Kerja Sampingan Cocok untuk Dosen yang Patut Dipertimbangkan

Senin, 16 Oktober 2023 - 12:44 WIB
Salah satu pekerjaan yang aman dijalani dosen salah satunya adalah pekerjaan Sampingan lain yang aman dan ideal dijalankan oleh para dosen adalah dengan menjadi pembicara atau narasumber. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 10 rekomendasi kerja sampingan yang cocok untuk dosen. Dosen memang profesi yang bisa dikatakan unik karena memiliki keleluasaan untuk menjalankan pekerjaan sampingan. Peluang ini muncul dari waktu luang yang lumayan sekaligus adanya jumlah penghasilan dari dosen yang tidak bisa dikatakan besar.

Namun menjalankan kerja sampingan untuk dosen tersebut tidak bisa asal, karena beresiko menanggalkan profesi dosen atau sebaliknya. Lalu, bagaimana agar keduanya bisa berjalan beriringan? Pekerjaan sampingan apa yang cocok buat dosen? Artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas, simak ya!

10 Rekomendasi Kerja Sampingan yang Cocok untuk Kalangan Dosen



1. Mengajar di Semester Pendek



Pilihan pertama adalah mengajar di semester pendek, yakni menjadi dosen untuk kuliah semester pendek di masa liburan. Semester pendek sendiri merupakan kegiatan kuliah yang sengaja dipersingkat dan dijalankan diantara libur semester panjang.

Sehingga untuk dosen yang merasa jenuh menikmati libur kuliah panjang dengan berdiam di rumah. Bisa mencoba tetap aktif mengajar di semester pendek tersebut. Selain memanfaatkan waktu luang agar tetap produktif, juga mendapat tambahan penghasilan.

2. Menjadi DPL



Opsional kerja sampingan untuk dosen berikutnya adalah dengan menjadi DPL atau Dosen Pendamping Lapangan. DPL sendiri akan bertugas mendampingi mahasiswa yang menjalani program KKN. Sehingga bisa melancarkan kegiatan KKN tersebut.

3. Pembimbing Magang



Selain menjadi dosen pendamping KKN, dosen juga bisa menjadi pembimbing mahasiswa yang magang di suatu lembaga atau perusahaan. Sehingga bertanggung jawab terhadap mahasiswa yang bersangkutan. Sekaligus sebagai penghubung antara mahasiswa dengan perusahaan tempatnya magang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More