Apa Itu Kerja Paruh Waktu? Ini Pengertian, Aturan, hingga Kelebihannya

Jum'at, 27 September 2024 - 15:00 WIB
loading...
Apa Itu Kerja Paruh...
Saat ini banyak mahasiswa yang menyisihkan atau membagi waktunya untuk bekerja paruh waktu (part time). Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini pengertian, aturan hingga kelebihan kerja paruh waktu yang perlu diketahui. ITB saat ini tengah menjadi sorotan karena mewajibkan mahasiswa penerima beasiswa UKT untuk kerja paruh waktu (part time).

Berbagi reaksi negative pun bermunculan menanggapi kebijakan kerja paruh waktu mahasiswa penerima beasiswa UKT itu. Salah satunya, kebijakan itu dinilai sebuah komersialisasi. Terlepas dari polemik itu, artikel kali ini akan membahas pengertian kerja paruh waktu, aturan hingga kelebihannya, simak ya!

Definisi Kerja Paruh Waktu (Part Time)


Mengutip Daffa Teguh Ekoputro dalam skripsinya di repository.uinjkt.ac.id, part time atau kerja paruh waktu adalah pekerjaan di bawah jam normal atau kurang dari 35 jam seminggu. Part time juga dapat didefinisikan sebagai pekerjaan yang memberlakukan setengah dari jam kerja normal atau penuh waktu (full time).

Melihat definisi di atas, kita bisa memahami bahwa part time memiliki aturan bahwa jam kerja tidak boleh lebih dari yang disarankan tersebut. Jika melebihi itu, maka pekerja seharusnya termasuk dalam tenaga full time.

Tapi, kerja part time tidak hanya ditentukan dari jumlah jam kerjanya saja. Part time juga dilihat dari periodenya di mana biasanya pekerja part time hanya dipekerjakan untuk sementara atau dalam periode tertentu yang telah ditetapkan perusahaan.

Hal inilah yang membedakannya dengan pekerjaan full time, di mana para pekerja full time biasanya bekerja secara permanen dan dalam jangka waktu lama.


Kelebihan Part Time


- Mengutip Arifka Isna Lidya dalam lib.unnes.ac.id, kerja paruh waktu mendapatkan upah dan memperoleh pendapatan tambahan yang dapat membantu dalam masalah perekonomian. Dapat mempelajari hal baru dari tempat kerja part time maupun kegiatan bekerja.

- Menambah wawasan yang lebih luas di luar studi perkuliahan atau sekolah.

-Mengasah keahlian sebelum mendapatkan pekerjaan tetap dan menjadi nilai lebih bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah/sekolah.

- Sebagai aktualisasi diri di mana keahlian seseorang akan semakin berkembang dan meningkat dengan terjun langsung ke masyarakat.

- Mengasah kemampuan manajemen waktu di mana pelajar atau mahasiswa harus pandai mengatur waktu antara bekerja dan belajar serta istirahat.Menambah jaringan dan kenalan dan membentuk relasi baru yang didapat dari pekerjaan.

Kekurangan Part Time


• Pekerja part time tidak mendapatkan perlindungan terhadap pekerja seperti pekerja formal atau full time pada umumnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)