15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:27 WIB
Teks ceramah bersifat umum dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tertentu dengan harapan menambah wawasan untuk pendengarnya. Foto/Storyset/Freepik.
JAKARTA - Teks ceramah tentu berbeda dengan pidato. Dalam pidato biasanya bersifat mengajak dan menumbuhkan motivasi untuk para pendengarnya. Sedangkan Teks ceramah bersifat umum dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tertentu dengan harapan menambah wawasan untuk pendengarnya.

Teks ceramah memiliki dua jenis, ada Teks ceramah umum dan Teks ceramah khusus. Dalam Teks ceramah umum biasanya informasi yang disampaikan bersifat menyeluruh dan tidak ada batas audiens, sedangkan Teks ceramah khusus memiliki batasan audiens serta materi yang disampaikan lebih menyesuaikan audiens tersebut.

Pengertian Teks Ceramah



Teks ceramah merupakan teks yang disusun atas beberapa paragraf. Teks ceramah berisi informasi yang ditujukan untuk masyarakat luas dengan harapan menambah wawasan masyarakat agar masyarakat tergerak untuk melakukan suatu hal tertentu.

Biasanya, teks ceramah mengacu pada kegiatan keagamaan seperti menyebarkan ajaran agama atau syiar. Selain bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak, teks ceramah memiliki tujuan lain seperti mengajak pendengar untuk melakukan sesuatu dari apa yang sudah disampaikan oleh penceramah.

Baca juga: 15 Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

Struktur Teks Ceramah

Pendahuluan



Pendahuluan berfungsi untuk memperkenalkan materi ceramah yang akan disampaikan kepada audiens. Pada pendahuluan juga terdapat bagian pembuka dan pengantar. Di bagian pembuka ini penceramah akan mengucapkan kalimat pembuka serta ucapan rasa syukur.

Sedangkan di dalam pengantar, penceramah akan memberi memperkenalkan topik yang akan dibahas agar audiens lebih mudah memahami.

Isi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More