15 Contoh Teks Eksplanasi dengan Berbagai Tema

Kamis, 24 Agustus 2023 - 12:00 WIB
loading...
15 Contoh Teks Eksplanasi dengan Berbagai Tema
15 contoh teks eksplanasi dengan berbagai tema. Foto.Getty Images.
A A A
JAKARTA - Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan sebuah fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan , dan lainnya. Teks eksplanasi terdiri dari tiga struktur, yaitu pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi.

Teks eksplanasi yang juga merupakan sebuah karya tulis ini pun tidak boleh dibuat sembarangan melainkan harus dibuat dengan struktur yang membangun karya tulis tersebut.

Untuk memudahkan kalian memahami teks eksplanasi, berikut ini 15 contoh teks eksplanasi sederhana berikut ini.

15 Contoh Teks Eksplanasi Singkat

1. Contoh Teks Eksplanasi 1


Tanah Longsor di Bantul, Rumah Warga Rusak Tertimpa
- Pernyataan Umum
Beberapa hari lalu musibah tanah longsor menerjang wilayah Dusun Poyahan, RT 03, Kelurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Bantul, Kamis (13/10/2022). Efek dari longsor tersebut membuat rumah warga rusak tertimpa dan tutupnya akses jalan karena longsoran tanah.
- Urutan Sebab Akibat
Komandan Pusdalops Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan, hujan yang terus menerus terjadi beberapa hari terakhir membuat tanah di sejumlah kawasan menjadi labil. Di beberapa tempat, kondisi diperparah dengan sistem drainase yang buruk. Sistem drainase yang buruk membuat aliran air menjadi tidak terarah. Hingga akhirnya memicu tanah longsor di wilayah tersebut Kamis siang. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka, namun material longsoran sempat menutup akses jalan dan juga menimpa rumah milik warga bernama Parwanto.
- Interpretasi
Para relawan dan BPBD nantinya akan melakukan sterilisasi area terdampak terlebih dahulu. Di antaranya dengan memotong pohon yang berpotensi longsor akan menimpa rumah dan membuat sistem drainase dari atas sehingga aliran air terarah tidak meluber ke mana-mana.

Baca juga: 30 Contoh Majas Repetisi yang Menarik dan Mudah Dipahami

2. Contoh Teks Eksplanasi 2


Satu Korban Tanah Longsor di Bogor Ditemukan Selamat
- Pernyataan Umum
Tepat dua hari lalu, Kota Bogor mengalami longsor dan kini berhasil dievakuasi tim SAR. Diperkirakan efek tanah longsor yang mengguyur menyebabkan empat orang lainnya tertimbun longsor. Tim SAR gabungan sampai sore hari ini masih berupaya evakuasi untuk mencari korban di tengah puing-puing longsoran.
- Urutan Sebab Akibat
Sebelumnya, Kota Bogor dilanda hujan deras yang sangat kencang dan mengguyur sejak siang tadi. Hujan besar yang ditimbulkan membuat tebing setinggi 20 meter pada akhirnya mengalami longsor di wilayah Gang Barjo, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Longsor tersebut menimpa rumah warga.
- Interpretasi
Sementara sampai saat ini Tim SAR masih terus mengevakuasi para korban dan laporan sementara masih terdapat empat orang yang tertimbun tanah longsor.

3. Contoh Teks Eksplanasi 3


Hujan Deras Picu Longsor 3 Titik di Gunungkidul
- Pernyataan Umum
Dalam beberapa minggu belakangan ini memang terjadi hujan deras yang melanda kawasan Gunungkidul. Hal itu membuat suatu musibah besar yakni mengakibatkan longsor di sejumlah titik. Meski tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, namun longsor tersebut menyebabkan sejumlah kerusakan.
- Urutan Sebab Akibat
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono menyebutkan berdasarkan laporan yang ia terima ada 3 bencana tanah longsor yang melanda kawasan Gunungkidul. Tanah longsor tersebut terjadi di Kapanewon Patuk, Ponjong dan juga Nglipar. Kejadian tanah longsor pertama kali dimulai pada wilayah Padukuhan Srumbung RT 20/004 Kelurahan Pengkok Kapanewon Patuk. Efek dari longsoran tanah tersebut membuat putusnya akses jalan kampung dengan panjang 7 meter dan tinggi 3 meter.
Kemudian kejadian tanah longsor kedua adalah Kelurahan Kedungpoh Kapanewon Nglipar. Tanah milik Isbani sepanjang 12 meter dengan tinggi 5 meter longsor. Sementara, di Padukuhan Sawur RT 01/01 Kelurahan Sawahan Kapanewon Ponjong, talud sekolahan TK PKK ambrol. Peristiwa ambrolnya talud terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Talud tersebut hanya berjarak 1 meter dari bangunan sekolah yang tidak kuat menahan beban.
- Interpretasi
Kelurahan Panewu Patuk, Martono Imam melengkapi bahwa Kerugian perkiraan 30 pohon dengan perkiraan kerugian material Rp15 juta. Akan tetapi yang patut disyukuri bahwa tidak ada korban jiwa.

4. Contoh Teks Eksplanasi 4


Longsor Tambang Emas di Madina Tewaskan 2 Orang
- Pernyataan Umum
Saat ini Polisi masih menyelidiki peristiwa longsornya tambang emas ilegal di Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara pada Senin, 3 Oktober 2022 lalu. Berdasarkan data yang dihimpun polisi telah menetapkan seorang tersangka pada peristiwa yang menewaskan dua orang penambang itu.
- Urutan Sebab Akibat
Kapolres Madina, AKBP Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq mengatakan, tersangka adalah pemodal sekaligus pemilik peralatan di lokasi tambang ilegal tersebut. Namun Reza masih belum mau mengungkap identitasnya. Penetapan status tersangka itu, kata Reza, dilakukan setelah polisi melakukan gelar perkara atas hasil pemeriksaan saksi-saksi serta olah tempat kejadian perkara di lokasi tambang yang longsor.
Awalnya kedua korban bersama empat rekannya mencoba peruntungan mencari emas di lahan tersebut. Mereka mulai menggali tanah sekitar pukul 12.00 WIB hingga berhasil membuat lubang tambang berbentuk kubangan sedalam 8 meter. Hingga kini Polisi masih menyelidiki peristiwa longsornya tambang emas ilegal di Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara pada Senin, 3 Oktober 2022 lalu.
- Interpretasi
Kejadian tersebut berimbas dari perkara awal bahwa kedua korban bersama empat rekannya mencoba peruntungan mencari emas di lahan tersebut.

Baca juga: 45 Contoh Kalimat Majas Alegori dalam Bahasa Indonesia

5. Contoh Teks Eksplanasi 5


Tanah Longsor di Citeureup Bogor, Dapur dan Kamar Rumah Warga Jebol
- Pernyataan Umum
Pagi hari ini tanah longsor terjadi di Kampung Muhara, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Efek yang ditimbulkan dari tanah longsor tersebut membuat satu rumah di bawahnya rusak tertimpa longsoran.
- Urutan Sebab Akibat
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi membuat tanah di wilayah tersebut longsor. Dalam kejadian tersebut, satu rumah di bawahnya terdampak material longsoran ringan. Kerusakan yang terjadi mengakibatkan jebolnya tembok kamar dan dapur.
- Interpretasi
Sampai saat ini, Tim TRC BPBD Kabupaten Bogor sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan asesmen kebencanaan. Material longsor belum dibersihkan menunggu penanganan lebih lanjut pihak terkait.

6. Contoh Teks Eksplanasi 6


Mutu Pendidikan
- Pernyataan Umum
Di zaman yang serba canggih serta globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan merupakan salah satu indikasi majunya suatu negara.Indonesia sendiri memiliki kualitas pendidikan yang masih dapat dikatakan rendah.Padahal, aspek dari segi pendidikan adalah salah satu bidang fatal yang bisa mempengaruhi berbagai bidang yang lainnya. Maka dari itu masih banyak lagi yang harus dibenahi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di negara ini.
- Urutan Sebab Akibat
Mutu pendidikan yang baik bisa digunakan untuk membantu dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam tujuan membangun bangsa. Rendahnya kualitas pendidikan yang ada di Indonesia dapat dikarenakan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenyam pendidikan itu sendiri.
Tingginya biaya dari pendidikan, kurangnya sarana & prasarana, serta kemampuan pengajar yang kurang pula menjadi penyebab yang lainnya. Hal itulah yang mengakibatkan negara Indonesia masih tertinggal oleh beberapa negara lain di dunia pendidikan. Akibat yang timbul dari adanya masalah pendidikan ini seperti tingginya pengangguran, angka kemiskinan, kriminalitas serta terhambatnya perkembangan teknologi.
- Interpretasi
Perlu kesadaran dan kemauan guna memperbaiki kualitas mutu pendidikan negara Indonesia untuk mengatasi masalah ini. Baik itu berasal dari pemerintah ataupun dari masyarakatnya.

7. Contoh Teks Eksplanasi 7


Sampah
- Pernyataan Umum (Pembuka)
Sampah merupakan salah satu benda yang sudah tidak digunakan atau dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sendiri sangatlah mengganggu, khususnya dari kesehatan masyarakat yang ada di sekitar. Jenis sampah sendiri dibagi menjadi dua, pertama adalah sampah organik dan kedua adalah sampah non-organik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat terurai oleh bakteri dengan sangat mudah.
Contoh dari sampah organik di sini adalah sayuran, daun yang sudah kering dan berbagai jenis makanan yang sudah basi. Manfaat dari sampah organik yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah untuk pupuk tanaman atau pupuk kompos untuk tumbuhan.
Sementara sampah non-organik sendiri merupakan sejenis sampah yang sangat sulit untuk diuraikan seperti botol, kaleng, plastik dan lain sebagainya. Di antara langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mengurangi keberadaan sampah organik adalah dengan melakukan pengolahan atau daur ulang. Benda-benda tersebut dapat dijadikan sebagai barang yang nilai jualnya cukup tinggi.
- Deretan Penjelas (Isi)
Di sekitar masyarakat, sampah memang menjadi suatu fenomena yang cukup banyak dijumpai. Pada awalnya, sampah-sampah adalah hal yang biasa berserakan di sekitar rumah dan sebagainya. Namun, ternyata sampah bisa memunculkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat itu sendiri, seperti banjir, longsor dan juga bisa menjadi sumber dari penyakit. Sampah yang selalu diabaikan dan menumpuk ternyata bisa menyebabkan bau yang amat tidak enak. Sehingga itu akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara di sekitar bahkan bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kronis seperti DBD dan muntaber. Selain itu, sampah juga bisa menyebabkan beberapa bencana besar seperti longsor dan banjir. Banyaknya sampah yang dilempar atau dibuang ke sungai bisa menghambat aliran sungai dan seiring dengan berjalannya waktu maka air sungai tersebut pun bisa meluap dan mengakibatkan banjir. Dengan demikian, aktivitas atau kegiatan masyarakat juga akan terhambat.
- Penutup (Interpretasi)
Apabila kamu terbiasa membuang sampah sembarangan, maka bisa menimbulkan dampak yang amat merugikan di kemudian hari. Maka dari itu, sebagai makhluk yang ingin sejahtera, mari menjaga lingkungan sekitar dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Ini adalah hal kecil yang bisa mengurangi bahaya dari penumpukan sampah. Dan untuk jenis sampah organik, kamu bisa mengolahnya menjadi pupuk. Sementara untuk jenis sampah non organik, kamu bisa membuatnya sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Baca juga: Jahit Baju untuk Presiden dan Ibu Negara, Siswi SMKN 4 Kota Jambi Diundang ke Istana

8. Contoh Teks Eksplanasi 8


Kemiskinan
- Pernyataan Umum
Kemiskinan merupakan sebuah kondisi dimana masyarakat memiliki penghasilan yang terlalu rendah sehingga kebutuhan pokok sehari-harinya tidak bisa terpenuhi. Keperluan pokok tersebut mencangkup makan dan minum, pendidikan, serta tempat tinggal.
Biasanya, masyarakat miskin ini tinggal pada berbagai tempat semacam kolong jembatan, gubuk atau pinggiran sungai. Tak jarang juga masyarakat miskin ini juga tak segan untuk membangun rumah sendiri di atas tanah milik negara. Kemiskinan ini ada di seluruh dunia, terutama pada beberapa negara berkembang contohnya Indonesia.
- Urutan Sebab Akibat
Adapun beberapa faktor yang menimbulkan kemiskinan, seperti keterbatasan pemenuhan keperluan sehari-hari serta perlengkapan pendidikan. Di samping itu, perbudakan, musibah, bangkrut serta struktur sosial juga turut andil menjadi faktor penyebab dari kemiskinan. Perilaku menjadi dominasi dan struktur sosial yang tak seimbang juga bisa dijadikan penyebabnya. Tak hanya itu saja, gengsi dari perilaku konsumtif serta pengeluaran uang yang tak sesuai dengan pemasukan juga masuk ke dalamnya. Faktor struktur sosial ini cenderung mengarah pada masalah turun temurun dari keluarga.
Sementara mementingkan keinginan daripada keperluan adalah akar dari perilaku gengsi. Sebenarnya telah banyak usaha yang digencarkan oleh pemerintah dan masyarakat guna mengatasi masalah kemiskinan. Contohnya dalam pendidikan gratis, menaikkan upah minimum kerja, tempat tinggal harga terjangkau, serta memperluas lapangan pekerjaan dan yang pasti usaha-usaha itu juga harus selalu didukung dengan perilaku yang menghindari gengsi, dan menghambur-hamburkan uang, menabung serta membantu orang sekitar. Dengan demikian, kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan dapat berjalan.
- Interpretasi
Jika kita mau menerima serta bersyukur atas apa yang telah dimiliki, seharusnya tidak ada lagi kemiskinan di negara Indonesia. Berbagai sifat buruk yang telah disebutkan di atas memang harus segera dihilangkan. Pemerintah serta masyarakat juga sama-sama berperan penting untuk menghilangkan masalah kemiskinan di Indonesia.

9. Contoh Teks Eksplanasi 9


Sejarah Kabupaten Bandung
- Pernyataan Umum
Awal pemerintahan Kabupaten Bandung dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung. Sebelum mencapai bentuk pemerintahan sekarang, Kabupaten Bandung mengalami perkembangan kekuasaan dari zaman ke zaman.
Pada masa Kerajaan Pajajaran berkuasa, sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, di Tatar Priangan belum ada bentuk kabupaten, hanya terdiri atas beberapa keprabuan. Istilah keprabuan diambil dari kata prabu yang berarti ’leluhur’ atau ’raja muda’. Pada tahun 1575 yang berkuasa di daerah Pajajaran adalah pemerintahan Islam. Dilanjutkan pemerintahan Mataram (1621–1677) dan pemerintahan Belanda. Saat Mataram berkuasa itulah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten. Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung.
Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya, yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot. Pada masa Bupati Wiranatakusumah II (1794-1829) Ibu Kota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (Dayeuhkolot) ke pinggir Sungai Cikapundung atau Alun-alun Bandung sekarang.
Pemindahan tersebut berdasarkan perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda,”Deandels”. Peristiwa itu terjadi pada 25 Mei 1810. Alasan pemindahan tersebut akan memberikan prospek baik terhadap perkembangan wilayah itu. Pada saat itu Daendels yang mendapat julukan "Mas Galak" tengah membuat jalan dari Anyer ke Panarukan. Kebetulan jalur tersebut melewati Tatar Priangan atau Kota Bandung pada saat sekarang ini.
- Penjelasan Struktur
Terlihat jelas teks di atas menjelaskan sejarah perkembangan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pada paragraf pertama bisa kamu baca mengenai awal pemerintahan dari Kabupaten Bandung, yang termasuk ke dalam struktur Pernyataan Umum.
Di paragraf-paragraf selanjutnya, teks menjelaskan peristiwa demi peristiwa yang terjadi selama perkembangan Kabupaten Bandung, mulai dari berdirinya hingga periode-periode selanjutnya. Ini merupakan bagian dari struktur
- Urutan Sebab Akibat
Peristiwa yang dijelaskan adalah sejarah perkembangan sebuah kabupaten.

10. Contoh Teks Eksplanasi 10


Banjir
- Pernyataan Umum
Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Dalam arti “air mengalir”, kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau melimpah dari bendungan sehingga air keluar dari sungai itu.
- Penjelasan Struktur
Selain sejumlah tempat yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain, banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami.
Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan.
- Urutan Sebab Akibat
Di berbagai negara di seluruh dunia, sungai yang rawan banjir dikendalikan dengan hati-hati. Pertahanan seperti bendungan, waduk, dan weir digunakan untuk mencegah sungai meluap, peralatan darurat seperti karung pasir atau tabung apung portabel digunakan. Banjir pantai telah dikendalikan di Eropa dan Amerika melalui pertahanan pantai, seperti tembok laut, pengembalian pantai dan pulau penghalang.

11. Contoh Teks Eksplanasi 11


Tsunami
- Pernyataan Umum
Tsunami adalah serangkaian gelombang laut raksasa atau serangkaian gelombang yang dapat bergerak dalam jarak jauh menuju ke daratan. Di lautan yang dalam, ombak ini terlihat kecil dan dapat terjadi tanpa kita sadari.
- Penjelasan Struktur
Perpindahan badan air saat tsunami ini disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh letusan gunung berapi bawah laut, gempa bumi yang berpusat di bawah laut, longsor bawah laut, atau hambatan meteor di laut.
Gelombang tsunami ini dapat merambat ke segala arah. Di laut yang dalam, gelombang tsunami berjalan dengan kecepatan hingga 1.000 km per jam yang setara dengan kecepatan pesawat terbang.
- Interpretasi
Kecepatan gelombang tsunami ini bergerak sangat cepat, gelombang itu masih terpisah cukup jauh satu sama lain. Inilah yang mengakibatkan sulitnya tsunami dideteksi. Oleh sebab itu, bersiap-siaplah jika sudah terjadi guncangan yang cukup besar.

12. Contoh Teks Eksplanasi 12

Baca juga: 29 Siswa SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di AYIMUN Malaysia

Gempa Bumi
- Pernyataan Umum
Gempa bumi adalah getaran yang berasal dari dalam lapisan-lapisan kulit bumi hingga merambat sampai ke permukaan bumi. Gempa bumi merupakan bencana alam yang berkekuatan besar dan biasanya menimbulkan kerusakan yang merugikan.
- Penjelasan Struktur
Penyebab gempa bumi ini terjadi akibat pergerakan lempeng. Bumi memiliki empat lapisan utama, yaitu inti dalam, inti luar, mantel dan kerak bumi. Lapisan kerak bumi bagian atas tidak semuanya utuh, namun seperti puzzle yang menutupi permukaan bumi. Para ilmuwan geologi menyebutnya sebagai lempeng tektonik. Akibat dari rotasi bumi, lempeng-lempeng tersebut saling bergerak satu sama lain. Pergerakan lempeng tersebut membentuk batas lempeng yang disebut batas convergent (saling bertumbukan), divergent (saling menjauh), dan transform (saling berpapasan). Dampak dari setiap gempa bumi sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kedalaman gempa bumi, kondisi geologis, jenis tanah, kualitas konstruksi bangunan hingga kesiapsiagaan masyarakat.
- Interpretasi
Bencana gempa bumi tidak bisa diperkiraan kapan terjadinya. Semakin dekat sumber gempa bumi dengan pemukiman penduduk, maka membuat dampak yang dirasakan semakin besar.

13. Contoh Teks Eksplanasi 13


Metamorfosis Kupu-Kupu
- Pernyataan Umum
Metamorfosis merupakan suatu proses perkembangan biologi yang terjadi pada hewan dan melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.
- Penjelasan Struktur
Proses metamorfosis kupu-kupu sangat panjang dan membutuhkan waktu yang lama, namun perjalanan prosesnya cukup terbilang sederhana. Pertama, mulai dari sebuah telur pada daun yang diletakkan oleh kupu-kupu. Telur dapat menetas dalam waktu 3-5 hari menjadi larva. Hal ini bertujuan agar daun tersebut dapat menjadi bahan makanan ulat tersebut hingga mencapai dewasa. Namun, ada juga ulat yang memakan cangkangnya sendiri.
Bagian kulit ulat tidak elastis sehingga harus mengganti kulit bila tubuhnya membesar karena banyak makan. Kemudian, telur tersebut akan menjadi ulat atau larva. Ulat yang menjadi ketat akan mengalami pergantian kulit, seumur hidupnya ulat akan mengalami pergantian kulit sebanyak 4 kali. Saat ulat sudah memiliki tubuh dengan ukuran yang maksimal, maka dengan sendirinya ulat tersebut akan berhenti makan dan mencari tempat untuk berlindung.
Umumnya, ulat akan meletakkan dirinya pada ranting atau daun. Seiring berjalannya waktu, ulat tersebut akan menjadi pupa atau kepompong dengan struktur kulit yang keras, halus dan biasanya berwarna hijau, cokelat karena berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Terlihat seperti kepompong yang sedang beristirahat, namun di dalamnya terjadi proses pembentukan serangga selama 7-20 hari. Setelah waktunya tiba, pupa atau kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu, proses menjadi kupu-kupu ini tergantung pada spesies kupu-kupunya.
- Interpretasi
Singkatnya, proses metamorfosis kupu-kupu mengalami beberapa fase. Fase pertama dalam metamorfosis kupu-kupu adalah telur dan fase kedua adalah ulat atau larva, fase ketiga adalah pupa, dan fase keempat adalah kupu-kupu.

14. Contoh Teks Eksplanasi 14


Kenapa Tubuh Jadi Pucat setelah Meninggal?
- Pernyataan Umum
Saat meninggal, tubuh mulai jadi pucat (pallor mortis). Sebab, darah berhenti bergerak lewat pembuluh darah kapiler. Suhu tubuh orang meninggal juga menurun sekitar 0,84 °C per jam.
- Penjelasan Struktur
Sel-sel darah yang tersisa di kapiler dan pembuluh darah kecil memicu perubahan warna pada permukaan kulit. Beberapa di antaranya terlihat seperti rona biru keunguan, ada juga yang bintik-bintik kemerahan.
- Interpretasi
Proses perubahan warna tubuh terjadi sekitar satu jam setelah manusia meninggal. Perubahan warna biasanya butuh waktu beberapa jam lebih lama untuk tampak di kulit, terutama para orang dengan kulit gelap.

15. Contoh Teks Eksplanasi 15


Gunung Meletus
- Pernyataan Umum
Gunung meletus adalah fenomena alam yang disebabkan oleh endapan magma yang ada di dalam perut bumi. Gas yang ada tersebut kemudian akan menyembur ke luar dengan kekuatan yang besar.
- Penjelasan Struktur
Kemudian gas-gas yang disemburkan keluar dari gunung berapi juga membawa benda-benda lainnya seperti bebatuan dan kerikil.
- Interpretasi
Peristiwa ini menyebabkan gunung meletus sebagai salah satu bencana alam yang berbahaya bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi warga yang tinggal di sekitarnya.

MG/Shandya Pricilla
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)