Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:50 WIB
Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi analisis tentang sesuatu objek yang telah diamati selama kegiatan observasi. Foto/Freepik.
JAKARTA - Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi analisis tentang sesuatu objek yang telah diamati selama kegiatan observasi. Sebelum menulis laporan observasi, para peneliti harus dapat menentukan objek yang akan dijadikan tempat observasi, menyusun jadwal, kemudian pencatat hasil observasi tersebut.

Setelah itu, para peneliti harus mencatat semua data dan hasil observasi dan disusun ke dalam sebuah teks hasil observasi.

Teks laporan hasil observasi biasanya digunakan dalam banyak bidang seperti ilmu pengetahuan, bisnis, pendidikan, dan bidang-bidang lain yang membutuhkan penelitian. Teks laporan hasil observasi harus ditulis dengan bahasa yang jelas, menggunakan format yang sesuai dan berstruktur.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara menyusun teks laporan hasil observasi, simak pengertian, struktur, dan contoh teks laporan hasil observasi berikut:

Pengertian



Teks Laporan Hasil Observasi menurut KBBI adalah “Laporan” yang berarti segala sesuatu yang dilaporkan atau diberitakan. Sedangkan “Observasi” berarti peninjauan secara cermat. Untuk lebih singkatnya, Teks Laporan hasil Observasi merupakan hasil pengamatan terhadap suatu objek yang telah diamati. Atau dapat disebut juga sebagai laporan karya tulis setelah melakukan kegiatan penelitian.

Baca juga: 15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur



Adapun tujuan dalam dibuatnya teks laporan hasil observasi adalah membantu dalam mendokumentasikan apa saja yang telah terjadi pada suatu objek di waktu tertentu. Hal tersebut dapat dijadikan catatan sejarah atau sebagai referensi.

Selain itu, teks laporan hasil observasi juga berguna untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari objek yang telah diamati dan digunakan untuk analisis lebih lanjut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More