6 Contoh Pidato Bahasa Inggris Beserta Strukturnya

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 16:06 WIB
Teks pidato bahasa Inggris merupakan sebuah bentuk tulisan yang disusun untuk dibacakan dalam suatu acara. Foto/Shutterstock.
JAKARTA - Teks pidato bahasa Inggris merupakan sebuah bentuk tulisan yang disusun untuk dibacakan dalam suatu acara. Pidato bahasa Inggris dapat digunakan dalam berbagai konteks seperti acara formal seperti acara kenegaraan, konferensi, dan acara sekolah.

Tujuan utama dari sebuah teks pidato adalah untuk menyampaikan pesan dan argumen kepada pendengar atau masyarakat dengan jelas dan persuasif. Penulisan teks pidato bahasa Inggris tentu harus memperhatikan penggunaan bahasa yang tepat, selain itu gaya bicara juga mempengaruhi dan memikat para pendengar.

Untuk dapat menulis teks pidato Bahasa Inggris dengan benar, simak artikel berikut.

Struktur Teks Pidato Bahasa Inggris

1. Introduction

Introduction atau salam pembuka merupakan struktur utama dalam pembuatan teks pidato bahasa Inggris. Dalam introduction berisikan salam pembuka, perkenalan diri, serta menyatakan topik atau tujuan pidato tersebut.

2. Content

Pada bagian content atau isi pada teks pidato bahasa Inggris berisikan pokok dari pesan atau argumen yang disampaikan. Isi juga terdiri dari beberapa point utama yang akan disampaikan kepada pendengar. Setiap point dari isi tersebut biasanya diikuti oleh contoh atau bukti dari topik yang diangkat.

Baca juga: 15 Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

3. Closing

Penutup merupakan bagian terakhir dari teks pidato bahasa Inggris. Dalam closing biasanya pembicara menyampaikan kesimpulan atau rangkuman dari isi pidato. Setelah itu, diikuti oleh ajakan dan memberikan salam penutup kepada pendengar.

6 Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris

1. Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Kesuksesan

Good morning to everyone who is here today. I’m Karin as an awardee from Ruang Raya scholarship. I’m honored to have been asked to give a speech about success. I hope everyone learns something new about the success of life.

What exactly is success? and why is everyone chasing it? We are living in a time when everyone wants to be successful. They want to achieve something in their lives. It could be to get the dream job or to do well in school.

The point I want to make is that the definition of success varies from person to person. The person sitting next to you will have a completely different definition of success than you, so there is no universal definition of success.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More