Magang Vs PKL, Ini Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Rabu, 08 November 2023 - 12:46 WIB
Secara umum, biasanya pemakaian istilah PKL sering dipakai kepada siswa SMK sedangkan istilah magang diterapkan pada perguruan tinggi. Namun, secara garis besar perbedaan magang dan PKL memiliki arti yang sama yaitu kegiatan praktik kerja dengan terjun langsung di lapangan sesuai bidang yang ditempuh dalam jangka waktu tertentu.

Manfaat Mengikuti Magang Atau PKL



1. Mendapatkan Pengalaman Kerja



Manfaat mengikuti magang dan PKL yang pertama yakni mendapatkan pengalaman kerja. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat berharga guna mempersiapkan dirimu ketika akan menapaki dunia kerja yang sebenarnya.

2. Menambah Pengalaman Kerja pada CV



CV merupakan gerbang awal saat ingin melamar pekerjaan. Jika kamu telah memiliki pengalaman magang atau PKL sebelumnya, tentunya pengalaman tersebut bisa kamu cantumkan di CV-mu. Apalagi jika kinerja selama kamu mengikuti magang atau PKL sangat baik, maka besar kemungkinannya jika kamu akan diterima di perusahaan yang kamu impikan.

3. Eksplor Berbagai Tugas dan Tanggung Jawab



Realitanya, masih banyak juga mahasiswa yang bingung saat ditanya rencana mereka setelah lulus nanti. Salah satu penyebabnya karena para mahasiswa tersebut masih belum mempunyai pengalaman di dunia kerja sama sekali. Mereka diibaratkan masih “buta” akan hal tersebut karena belum bisa menentukan bidang apa yang membuat mereka tertarik.

4. Mengembangkan Keterampilan



Selama kamu mengikuti magang atau PKL, di sana kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja maupun atasanmu terkait performa kerjamu. Apabila masih merasa bingung, tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada atasan maupun rekan kerjamu, ya!

5. Peluang untuk Mendapatkan Pekerjaan Tetap



Melansir dari Naceweb, 70% dari mahasiswa yang sempat menjalani program magang atau PKL mendapatkan tawaran sebagai karyawan tetap dari perusahaan tersebut.

Memang, program magang atau PKL hanya berlangsung dalam beberapa bulan saja, pada umumnya sampai 3 bulan. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mendapat kesempatan untuk menjadi karyawan tetap setelah kamu lulus nanti karena kinerjamu yang baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More