Magang Vs PKL, Ini Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Rabu, 08 November 2023 - 12:46 WIB
Meskipun antara magang dan PKL memiliki makna yang sama, namun ternyata terdapat perbedaan cukup signifikan antar keduanya. Magang biasanya untuk mahasiswa sedangkan PKL untuk siswa SMK. Foto/Ist
JAKARTA - Ini perbedaan antara magang dan PKL yang perlu diketahui mahasiswa. Perbedaan magang dan PKL mungkin masih sulit dibedakan oleh sebagian mahasiswa. Meskipun keduanya memiliki makna yang sama, namun ternyata terdapat perbedaancukup signifikan antar keduanya

Lantas, apa sajakah perbedaan magang dan PKL? Sebelum kamu mengetahui lebih dalam, ada baiknya untuk memahami juga arti dari istilah magang dan PKL itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan mengulasya secara jelas, simak ya!

Pengertian Magang



Dirangkum dari berbagai sumber, magang adalah suatu proses penerapan ilmu pengetahuan atau kompetensi selama mengemban pendidikan ke dunia kerja. Melalui magang, seseorang akan memahami bagaimana sistem kerja di dalam dunia profesional yang sebenarnya.

Adapun pengertian magang berdasarkan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 yaitu magang merupakan bagian dari pelatihan kerja yang bekerja sama oleh lembaga pelatihan dengan cara melakukan pekerjaan dan diawasi oleh pekerja yang telah profesional di bidangnya agar bisa mendapatkan keterampilan dan keahlian tertentu.



Buat kamu yang tengah menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, magang kerap kali dijadikan sebagai syarat kelulusan.Selain untuk memenuhi syarat kelulusan, kegiatan magang juga sebenarnya memiliki tujuan yaitu agar mahasiswa dapat meningkatkan skill dan juga kompetensi di bidangnya melalui dunia kerja yang sebenarnya.

Saat ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan lowongan kerja khusus untuk program magang. Salah satunya ialah program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pengertian PKL



PKL atau kepanjangan dari Praktik Kerja Lapangan merupakan bentuk penyelenggaraan pelatihan kejuruan yang diikuti oleh siswa melalui bekerja secara langsung di dunia industri maupun usaha, secara terarah dengan supervisor yang sudah kompeten di bidangnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More