Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, dan Contoh Penulisannya

Kamis, 23 November 2023 - 07:45 WIB
Teks diskusi adalah karya tulis yang menyajikan berbagai pendapat atau gagasan dengan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu topik. Foto/Freepik/Nakaritore.
JAKARTA - Teks diskusi adalah karya tulis yang menyajikan berbagai pendapat atau gagasan dengan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu topik seperti pendidikan , kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Biasanya, teks diskusi disampaikan dengan bahasa yang lugas agar mendorong pembaca untuk berpikir kritis.

Umumnya, teks diskusi disampaikan dalam forum-forum diskusi formal seperti rapat OSIS, rapat karang taruna, rapat RT, rapat desa, hingga rapat terbatas dengan presiden dan menteri-menteri.

Biasanya, teks diskusi diawali dengan topik yang ingin didiskusikan, kemudian diikuti dengan argumen, pendapat, atau gagasan yang berbeda dari berbagai pihak yang terlibat dalam diskusi tersebut. Lalu, teks diskusi diakhiri dengan kesimpulan yang merangkum poin-poin penting dari diskusi.

Teks diskusi dapat berupa esai, debat, dan forum. Untuk memudahkan penulisan teks diskusi, berikut di bawah ini terdapat struktur teks diskusi yang dapat diikuti.

Struktur Teks Diskusi

1. Pendahuluan dan Isu



Pendahuluan dan Isu merupakan bagian pengantar yang berisi informasi latar belakang mengenai topik atau isu yang ingin didiskusikan.

2. Argumen Pendukung



Bagian ini menyajikan argumen atau gagasan yang mendukung topik yang sedang didiskusikan. Argumen harus bersifat objektif dan tidak memihak.

3. Argumen



Bagian ini berisi tanggapan dari argumen yang disajikan sebelumnya, dengan memberi pendapat yang menentang argumen tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More