Apakah Daftar Sekolah Kedinasan Bayar Atau Gratis? Begini Penjelasannya

Senin, 27 November 2023 - 14:55 WIB
Meski biaya pendidikannya gratis, namun dalam tahapan seleksi sekolah kedinasan, calon peserta harus membayar biaya pendaftaran di mana setiap sekolah kedinasan besarnya berbeda-beda. Foto/Ist
JAKARTA - Apakah daftar sekolah kedinasan bayar? Saat ini ada sebagian masyarakat yang belum memahami informasi mengenai pendaftaran sekolah kedinasan secara benar. Salah satu yang kurang dipahamai secara benar adalah apakah pendaftaran sekolah kedinasan gratis atau membayar.

Seperti diketahui, sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintahan. Siswa lulusan dari sana memiliki peluang besar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lembaga terkait. Untuk menjawab pertanyaan apakah pendaftaran sekolah kedinasan membayar atau gratis, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Gratis Atau Bayar?



Merujuk pendaftaran 2023, secara umum, pendaftaran sekolah kedinasan tidak memiliki biaya pendaftaran. Meski biaya pendidikannya gratis, namun dalam tahapan seleksi calon peserta harus membayar biaya pendaftaran.

Setiap sekolah kedinasan memiliki besaran biaya pendaftaran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan seleksi dan peraturan yang berlaku di lingkungannya.



Melihat di pendaftaran 2023, dalam tahapan seleksi di mana ada biaya pendaftaran juga dikenal istilah Kode Billing yang masih belum dimengerti semua calon pendaftar.

Dilansir dari laman FAQ Dikdin, Kode Billing adalah kode pembayaran yang wajib dibayar. Kode tersebut akan didapatkan ketika peserta dinyatakan lulus administrasi dan peserta diwajibkan memperhatikan kembali syarat-syarat Sekolah Kedinasan terkait pembayaran Kode Billing.

Dengan kata lain, peserta hanya wajib membayar ketika sudah dipastikan lulus seleksi administrasi. Menurut PP No 63 tahun 2016, biaya pembayaran Kode Billing sebesar Rp50.000 untuk Penyelenggaraan seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara.

Biaya Pendaftaran Sejumlah Sekolah Kedinasan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More