7 Sekolah Kedinasan di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Kuliah, Salah Satunya IPDN

Senin, 27 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
7 Sekolah Kedinasan di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Kuliah, Salah Satunya IPDN
Salah satu sekolah kedinasan yang berada di Jakarta adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus Jakarta yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 sekolah kedinasan di Jakarta yang bisa jadi pilihan kuliah. Kamu berdomisili di sekitar ibu kota? Bagi kamu lulusan SMA/SMK yang tidak ingin kuliah di perguruan tinggi, sekolah kedinasan bisa menjadi salah satu pilihan.

Ada banyak kelebihan yang bisa didapat siswa di sekolah kedinasan, seperti kuliah gratis dan bisa jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah lulus. Jika di daerah DKI Jakarta, ada banyak sekolah kedinasan yang bisa dijadikan pilihan siswa.

Sekolah kedinasan di DKI Jakarta di bawah naungan beberapa Kementerian, Artikel kali ini akan secara khusus membahas 7 sekolah kedinasan di DKI Jakarta yang bisa jadi pilihan studi kamu, simak ya!

7 Sekolah Kedinasan di Jakarta yang BIsa Jadi Pilihan Kuliah


1. Politeknik Statistika STIS


Politeknik Statistika STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistika. Sekolah kedinasan ini berada di Jalan Otto Iskandardinata No. 64 C, Jakarta Timur. Politeknik Statistika STIS mempunyai tiga program studi (Prodi). Yakni, Prodi D3 Statistika, Prodi D4 Statistika, dan Prodi D4 Komputasi Statistika.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta


STIP Jakarta berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sekolah kedinasan ini berlokasi di Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara. Prodi yang ditawarkan antara lain Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut, dan Kepelabuhanan.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) - Kampus Jakarta


Kampus utama IPDN sebetulnya berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Namun IPDN juga memiliki beberapa kampus regional yang tersebar di Indonesia, salah satunya di DKI Jakarta.



Berdasarkan laman IPDN Kampus Jakarta, lokasinya berada di Jalan Ampera Raya No. 1 RW 6, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. IPDN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit setiap tahunnya, sebab bisa kuliah gratis dan lulus jadi CPNS.

4. Politeknik APP Jakarta


Sekolah kedinasan lainnya yang berada di Jakarta,, yaitu Politeknik APP Jakarta. Dahulu, namanya adalah Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta. Perguruan tinggi ini berada dalam naungan Kementerian Perindustrian RI. Sekolah ini berada di Jalan Timbul No. 34, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

APP mempunyai beberapa prodi yang memiliki kekhasan di bidang Logistik, khususnya industri elektornika dan membuka 3 prodi, yaitu Manajemen Industri Elektronika, Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, dan Perdangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT.

5. Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI)


Sekolah kedinasan naungan Kementerian Perindustrian ini beralamat di Jalan Letjen Suprapto No. 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Jurusan yang ada ialah jenjang D4 dengan prodi Teknik Industri Otomotif, Sistem Informasi Industri Otomotif, Teknik Kimia Polimer, Administrasi Bisnis Automotif dan Teknologi Rekayasa Automotif.

6. Poltekkes Kemenkes Jakarta


Poltekkes Kemenkes Jakarta berada dalam naungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ada 2 Poltekkes Kemenkes yang ada di Jakarta, yakni: Poltekkes Kemenkes Jakarta I, berlokasi di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Poltekkes Kemenkes Jakarta II, berlokasi di Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ada satu lagi politeknik kesehatan Jakarta, yaitu Poltekkes Kemenkes Jakarta III, tapi lokasinya di Bekasi, Jawa Barat.

7. Politeknik Ahli Usaha Perikanan


Politeknik AUP adalah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan. Prodi yang tersedia adalah jenjang D4, yakni Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Penyuluhan Perikanan, serta Permesinan Perikanan dan Teknologi Akuakultur.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)