Universitas Terbuka Segera Buka 4 Prodi Baru, Ini Daftarnya

Kamis, 07 Desember 2023 - 18:00 WIB
Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat. Foto/UT.
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) dalam waktu dekat akan membuka 4 program studi (prodi) baru . Prodi baru ini dibuka sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan juga mengejar target 1 juta mahasiswa pada 2025.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, UT menargetkan satu juta mahasiswa pada 2025. Sementara pada tahun depan pihaknya menargetkan 750.000 mahasiswa aktif kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) yang mengusung kuliah online tersebut.

Rektor menyampaikan, salah satu program untuk mengejar target 1 juta mahasiswa adalah dengan membuka program studi yang laku di masyarakat dan didorong oleh permintaan di masyarakat. Hal ini juga demi mendekatkan diri UT sebagai PTN dengan pola kuliah online kepada masyarakat.

Baca juga: Biaya Kuliah S2 Online di Universitas Terbuka 2024, Cocok Bagi Pekerja yang Berburu Gelar Magister

"Kita ingin ada prodi yang marketable dan demand driven meski ada tantangan beragam namun kita ada solusi yang baik atas tantangan itu," ungkapnya, Kamis (7/12/2023).

Menurutnya, tantangan menonjol yang dialami UT adalah distribusi bahan ajar hingga ke pelosok. Maka UT Pusat pun berkoordinasi dengan pengurus Pokja UT setempat agar bahan ajat tersebut tetap tersalurkan meski mahasiswanya berada di daerah terpencil.

Ojat menuturkan, UT sebagai PTN satu-satunya yang mendapatkan mandat untuk menggelar perkuliahan jarak jauh sehingga bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat yang terkendala kondisi geografis, waktu, dan ekonomi.

Baca juga: UT Wisuda 2.100 Lulusan, 2 Tokoh Ini Jadi Wisudawan Kehormatan



Dia mengungkapkan, saat ini Angka Partisipasi Kasar (APK) Indonesia berada di angka 31 persen. Angka ini masih jauh tertinggal dengan negara tetangga seperti Malaysia yang sudah 50 persen, Thailand 40 persen, juga Singapura yang sudah 70 persen.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More