10 PTN dan PTS Tertua di Indonesia, Kampusmu Urutan Berapa?

Rabu, 20 Desember 2023 - 09:45 WIB
Kampus Unair kemudianm resmi berdiri pada 10 November 1954. Seiring waktu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini telah berkembang pesat dan sekarang menempati tiga lokasi yang berbeda, yaitu kampus Unair A, B, dan C.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)



Berikut ini daftar universitas negeri tertua dari Indonesia timur, Unhas. Unhas berada di Makassar, Sulawesi Selatan dan berdiri pada 10 September 1956. Dalam sejarahnya, Unhas berkembang dari Fakultas Ekonomi UI. Dan kini, universitas tertua di Indonesia timur ini telah memiliki 14 fakultas.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)



Di Jawa Barat, adalah Unpad yang menjadi bagian dari perguruan tinggi tertua di Indonesia. Berdiri pada 11 September 1957, pada awalnya Unpad memiliki empat fakultas saja. Unpad saat ini memiliki 16 fakultas.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)



Tak berselang lama setelah Unpad berdiri, tepatnya pada 10 November 1957, di Jawa Timur berdiri. Pada saat itu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini masih menjadi bagian dari Yayasan Perguruan Tingggi Teknik (YPTT) hingga resmi menyandang nama ITS pada tahun 1961.

8. Institut Teknologi Bandung (ITB)



Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mempunyai sejarah panjang sejak masa kolonial Belanda, sehingga layak disematkan sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Surabaya Versi EduRank 2023, Kampus Berkualitas Bertebaran

Ketika berdiri pada 3 Juli 1920, kampus tertua di Indonesia ini masih bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH te Bandoeng). Kemudian pada 2 Maret 1959, nama ITB resmi disematkan pada satu dari perguruan tinggi tertua di Indonesia ini.

9. Universitas Diponegoro (Undip)



Tak selamanya perguruan tinggi negeri berdiri sejak awal sebagai universitas negeri. Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satunya. Berdiri sebagai salah satu kampus swasta tertua di Indonesia, Undip lantas berstatus sebagai kampus negeri pada tahun 1961.

10. IPB University



Masuk dalam daftar ke-10 adalah salah satu kampus tertua di Indonesia ini, IPB University. Cikal bakal IPB adalah Fakultas Pertanian UI, hingga kemudian resmi menyandang nama IPB pada 1 September 1963.

Kekinian, IPB lebih dikenal sebagai IPB University. Dan terbaru, perguruan tinggi tertua di Indonesia ini berhasil meraih Anugerah Perguruan Tinggi Terinovatif dari Kemenristek/ BRIN pada tahun 2020 ini. Selain IPB, penghargaan tersebut juga diraih oleh ITB dan UGM.

Demikian 10 PTN dan PTS tertua di Indonesia untuk menambah wawasanmu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia kanal Edukasi SINDOnews.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More