Kapan Seleksi Masuk Akpol 2024 Dibuka? Lulusan SMA Siap-siap

Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:34 WIB
Kapan seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) 2024 menjadi informasi yang ditunggu lulusan SMA dan MA. Foto/YouTube Humas Akpol.
JAKARTA - Kapan seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) 2024 menjadi informasi yang ditunggu bagi para lulusan SMA dan sederajat yang ingin menjadi anggota polisi . Kapan dibuka dan apa persyaratannya? Simak ulasan di bawah ini.

Akademi Kepolisian atau Akpol dirintis melalui disahkannya Sekolah Polisi Bagian Tinggi di Magelang pada 17 Juni 1946. Setelah itu namanya berganti menjadi Akademi Polisi yang peresmiannya dihadiri Presiden Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta.

Dari Magelang, akademi sempat dipindahkan ke Yogyakarta lalu berpindah ke Jakarta seiring dengan perpindahan pusat pemerintahan dari Yogyakarta ke Jakarta dan namanya pun berubah menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Baca juga: Apakah Akpol Termasuk Sekolah Kedinasan? Ketahui sebelum Mendaftar

Pada 1985, namanya berubah menjadi Akademi Kepolisian yang kendalinya di bawah langsung oleh Kapolri. Dan sejak 1999, Akpol dinyatakan terpisah dari Akmil, AAL, dan AAU.

Kapan Seleksi Akpol 2024 Dibuka?



Jika mengacu pada seleksi masuk Akpol 2023, pendaftaran untuk menjadi calon perwira Polri ini dibuka pada 4 April sampai dengan 14 April 2023. Sedangkan pendidikannya dimulai pada 2 Agustus 2023 selama empat tahun.

Pada 2023, seleksi masuk Akpol dibuka untuk 175 orang, terdiri dari 150 pria dan 25 wanita. Lulusan Akpol akan diangkat menjadi perwira pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

Seleksi masuk Akpol terbuka bagi lulusan SMA dan MA jurusan IPA dan IPS dengan umur paling rendah 18 tahun dan tidak pernah dipidana yang dibuktikan dengan lampiran SKCK.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan SIPSS dan Akpol? Ini Penjelasannya
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More