Apakah Akpol Termasuk Sekolah Kedinasan? Ketahui sebelum Mendaftar

Selasa, 28 November 2023 - 11:43 WIB
loading...
Apakah Akpol Termasuk Sekolah Kedinasan? Ketahui sebelum Mendaftar
Akpol merupakan sebuah sekolah kedinasan yang berada di bawah Kepolisian Republik Indonesia. Foto/Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan bisa menjadi pilihan bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Peserta didik yang masuk sekolah kedinasan juga bisa mendapatkan fasilitas dan tunjangan yang cukup baik, seperti beasiswa, seragam hingga asrama.

Sekolah kedinasan juga dapat membentuk karakter dan jiwa nasionalisme yang kuat. Oleh karena itu, sekolah kedinasan tidak hanya dirasakan oleh lulusannya, tetapi juga oleh bangsa dan negara.



Salah satu sekolah yang memiliki tujuan dan bentuk yang sama adalah Akademi Kepolisian (Akpol). Meski begitu, banyak yang belum mengetahui tentang Akpol menjadi bagian dari sekolah kedinasan.

Akademi Kepolisian Bagian dari Sekolah Kedinasan


Dilansir dari laman kedinasan, Akpol merupakan sebuah sekolah kedinasan yang berada di bawah Kepolisian Republik Indonesia. Sekolah ini bertujuan untuk mencetak perwira Polri yang profesional, berintegritas, dan berdedikasi tinggi.

Akpol adalah sekolah tinggi yang setara dengan S1. Lama pendidikan di Akpol adalah empat tahun atau delapan semester. Lulusan sekolah ini akan mendapatkan gelar Sarjana Kepolisian (S.Kep) dan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).



Sekolah ini sudah memiliki kurikulum yang menggabungkan ilmu kepolisian, ilmu sosial, ilmu hukum, dan ilmu pengetahuan umum. Selain itu, Akpol juga memberikan pelatihan fisik, mental, keterampilan, dan pengasuhan kepada para taruna dan taruni.

Akpol memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti gedung perkuliahan, asrama, lapangan olahraga, laboratorium, perpustakaan dan tempat ibadah. Akpol juga memiliki fasilitas khusus, seperti lapangan tembak, lapangan seremonial, hingga museum kepolisian.

Sekolah kepolisian ini mempunyai hubungan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan kepolisian di dalam dan luar negeri, seperti PTIK, STIK, STIK-PTIK, Lemdiklat Polri, dan Interpa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)