Kisah Musyaddad, Alumnus Unair yang Terpilih Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Rabu, 10 Januari 2024 - 16:14 WIB
Tentu keberhasilan Musyaddad harus dilewati dengan perjuangan. Ia ia harus melewati beberapa tahapan seleksi seperti hafalan Al-Qur’an 30 Juz, yang mana para peserta akan diberikan dua butir soal sambung ayat.

Kemudian para peserta juga akan diuji kemampuan bahasa arabnya disertai dengan tes pengetahuan fiqih dan khutbah dalam bahasa arab.

Alumnus Ponpes Tebuireng Jombang



Musyaddad mengaku ia sebelumnya mulai menghafal Al-Qur'an sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kemudian, ia berhasil menuntaskan hafalannya sebanyak 30 Juz ketika ia menjadi santri di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang.

Tercatat Musyaddad pernah memperoleh beberapa penghargaan, seperti berhasil meraih juara dalam lomba MTQ di tingkat regional Jawa Timur di antaranya juara tiga hifdzil quran dan tafsir bahasa Inggris di Jatim 2023 lalu.

Ketua UKM Tahfidzul Quran Unair



Sejak menjadi mahasiswa baru, Musyaddad turut aktif berkecimpung dalam UKM Tahfidzul Quran UNAIR (UKM-TQ) dan pernah menjabat sebagai ketua UKM-TQ pada 2022. Selain itu dia juga beberapa kali berkesempatan menjadi imam di masjid Ulul Azmi Kampus C Unair.

Baca juga: Wisuda Bareng Putranya di Unair, Adri Lulus di Usia 54 Tahun dengan IPK 3,86

“Pengalaman tersebutlah yang mendukung saya mendaftar sampai menyelesaikan semua tes yang diberikan,” tutur alumnus Ksatria Airlangga itu.

Walaupun sempat terkendala bahasa arab, Musyaddad tetap berhasil melalui berbagai tahapan seleksi dengan baik berkat pengalamannya. Selain itu, ia juga telah mempelajari beberapa materi uji untuk menjadi imam di UAE semasa mengenyam pendidikan di pesantren.

Musyaddad berharap pencapaian ini dapat menjadi gerbang awal yang baik untuk menjalani kehidupannya di masa mendatang.

“Harapan saya secara pribadi semoga program ini menjadi awal yang baik untuk pengalaman-pengalaman baru yang akan saya jalani di masa depan. Karena semua imam adalah delegasi resmi dari indonesia, semoga semakin banyak juga yang tertarik dan bisa ikut ke UEA untuk mengamalkan ilmu disana,” pungkasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More