Langkah Awal Mendaftar, Begini Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2024

Kamis, 25 Januari 2024 - 11:33 WIB
Sebelum mendaftar KIP Kuliah 2024, calon mahasiswa perlu mengetahui cara membuat akun KIP Kuliah terlebih dahulu yang masa pembuatanya ada sepanjang tahun. Foto/Ist
JAKARTA - Begini cara membuat akun KIP Kuliah 2024 yang perlu diketahui. Program KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah diluncurkan pemerintah untuk membantu finansial mahasiswa kurang mampu.

Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran KIP Kuliah biasanya bersamaan dengan jalur masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sebelum mendaftar KIP Kuliah 2024, calon mahasiswa perlu mengetahui cara membuat akun KIP Kuliah 2024 terlebih dahulu.Biasanya masa pembuatan KIP Kuliah 2024 untuk mendaftar dibuka hampir sepanjang tahun.Artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2024 yang Perlu Diketahui



Setelah membuat akun KIP Kuliah 2024 atau melakukan registrasi akun KIP Kuliah, calon mahasiswa baru bisa melakukan pendaftaran KIP Kuliah sesuai jalur masuk perguruan tinggi yang dipilih.

Calon mahasiswa yang belum tahu cara buat akun KIP Kuliah 2024, berikut informasinya:



1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More