Ikut Kursus Gratis Membawa Barista Ini Sukses Buka Kedai Kopi di Bandung

Minggu, 28 Januari 2024 - 10:22 WIB
Giri Alamsyah membuka kedai kopi setelah mengikuti program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Foto/Ditjen Vokasi.
JAKARTA - Usaha kedai kopi semakin menjamur di Indonesia. Juga tak sedikit anak muda di Tanah Air yang menjadi wirausahawan baru di bisnis kuliner yang satu ini.

Begitupula dengan alumnus program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Direktorat kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Giri Alamsyah.

Barista Part Time



Sebelum mengikuti PKW 2023 di Lembaga Kursus dan Pelatihan (PKW) Sugeng Sejahtera, Giri adalah seorang barista yang bekerja paruh waktu di salah satu kedai kopi di Bandung.

Baca juga: Peluang Kerja di Industri Garmen, Lulusan Vokasi Bisa Pilih 5 Profesi Ini

Setelah bekerja beberapa lama menjadi barista, Giri pun sudah memiliki pengetahuan dasar tentang kopi dan ia tak ingin selamanya menjadi pekerja melainkan membuka kedai kopi sendiri.

2 Bulan Kursus untuk Bekal Wirausahawan



Giri pun memulai langkah awalnya untuk menjadi wirausahawan muda itu dengan mengikuti program PKW di yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek itu selama dua bulan.

“Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai barista part time di salah satu coffee shop di Kota Bandung, tetapi saya pun ingin membuka coffee shop sendiri. Jadi, saya ikut kursus melalui program PKW yang gratis di LKP Sugeng,” katanya, dikutip dari laman Ditjen Vokasi, Minggu (28/1/2024).

Di sini Giri pun memperdalam pengetahuan akan kopi dan berbagai macam olahan kopi seperti kopi latte, kopi vietnam drip, kopi espresso, dan lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More