10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus di Era 5.0 yang Bisa Jadi Rekomendasi

Minggu, 04 Februari 2024 - 09:19 WIB
Jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus di era 5.0. Foto/inc42.com.
JAKARTA - Jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus di era 5.0 ini bisa jadi rekomendasi bagi para calon mahasiswa. Karena salah satu kualifikasi dalam memilih jurusan yang ingin dituju adalah memiliki prospek cerah di masa depan.

Era 5.0 ini akan dimulai ketika industri 4.0 sudah mencapai puncaknya dan para pakar berpendapat bahwa era 4.0 dapat disempurnakan lagi. Secara umum, era 5.0 menitikberatkan pada integrasi antara teknologi canggih seperti AI, IoT, dan teknologi robot teknologi.

Baca juga: Jurusan dengan Prospek Kerja Cerah untuk 5 Tahun Mendatang

Para ahli berpendapat jika di masa depan AI (Artificial Intelligence) akan mendominasi dan akan membuat kemampuan individu manusia di dunia kerja akan tergantikan oleh teknologi robotik. Hal ini membuat banyak orang mulai khawatir jika pekerjaannya di masa depan akan tergantikan oleh robot atau AI.

Namun dibalik itu, perkembangan teknologi ini justru juga bisa menjadi peluang pekerjaan besar bagi manusia, terutama di bidang teknis. Bahkan saat ini beberapa Universitas di Indonesia telah menyediakan sejumlah jurusan-jurusan kuliah baru untuk menyongsong masa depan.

10 Jurusan Kuliah Prospek Kerja Bagus di Era 5.0

1. Artificial Intelligence



Jurusan ini banyak mempelajari tentang cara mengembangkan sistem yang mampu meniru kemampuan manusia dalam berpikir, belajar, dan beradaptasi dengan lingkungan. Binus, Universitas Brawijaya, dan Unair, jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

2. Biomedis



Biomedis banyak mempelajari tentang fenomena makhluk hidup di tingkat molekul, sel, organ, sampai organisme utuh yang berhubungan dengan penyakit, cara pencegahan, pengobatan, dan pemulihannya. UI, Unhas, dan ITS, jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

3. Ilmu Kesehatan Digital

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More