7 Jurusan Langka di PTN dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Pilih di SNPMB 2024

Minggu, 11 Februari 2024 - 08:56 WIB
Tersedia di mana?

Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir adalah Universitas Gadjah Mada, lalu Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (BATAN), dan Institut Teknologi Bandung (khusus program pasca-sarjana).

3. Astronomi



Saat kamu masuk ke jurusan Astronomi, ilmu yang dipelajari menggunakan ilmu dasar fisika. Jurusan Astronomi sendiri dibagi menjadi tiga keahlian. Pertama adalah tata surya yang fokus mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan terakhir adalah kosmologi.

Prospek Kerja

Kamu bisa bekerja sebagai astronom, pegawai pemerintahan, penulis, pengembang perangkat lunak, atau pendidik. Kamu juga bisa jadi tenaga ahli di berbagai institusi yang membutuhkan kemampuan kamu.

Tersedia di mana?

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang punya jurusan ini, yang masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). ITB membuka jurusan ini dalam program jenjang S1 dan studi Master.

4. Kriminologi



Jurusan Kriminologi adalah jurusan yang belajar menganalisis fenomena kejahatan, mulai dari penyebab, dampak, dan penanggulangannya. Jurusan ini memiliki 4 fokus bahasan, yaitu pelaku, korban, tindak kejahatan, dan respons masyarakat terhadap kejahatan yang terjadi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More