25 PTN Siap Terima Mahasiswa Baru di SMMPTN-Barat 2024, Cek Daftar Kampusnya

Jum'at, 08 Maret 2024 - 17:35 WIB
Sebanyak 25 PTN membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Wilayah Barat 2024 (SMMPTN-Barat) 2024. Foto/YouTube SMMPTN-Barat.
JAKARTA - Sebanyak 25 PTN membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Wilayah Barat 2024 ( SMMPTN-Barat) 2024. Berikut ini informasinya.

Menurut Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023, disebutkan ada tiga jalur masuk penerimaan mahasiswa baru 2024 program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN).

Ketiganya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi

Mandiri. Berdasarkan Permendikbud tersebut kegiatan SNBP dan SNBT dilaksanakan panitia SNPMB.

Baca juga: Cek Persaingan Jurusan, Begini Cara Lihat Daya Tampung Prodi SPAN-PTKIN 2024

Adapun untuk jalur mandiri dapat dilaksanakan oleh PTN masing-masing atau melalui konsorsium PTN. Untuk perguruan tinggi wilayah Barat Indonesia seleksi mandiri dilaksanakan secara bersama dalam konsorsium Badan Kerja Sama PTN Wilayah Barat (BKSPTN Barat), yaitu disebut SMMPTN-Barat yang sudah berlangsung sejak 2017.

Untuk tahun 2024 ini PTN yang tergabung di dalam konsorsium BKS-PTN Barat berasal dari wilayah Sumatera, Jawa Bagian Barat, dan Kalimantan Tengah itu, baik PTN umum, PTN seni, dan PTN agama berjumlah 25 PTN.

Adapun ke-25 PTN yang tergabung adalah :



1. Universitas Syiah Kuala

2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More