Tegaskan Ekstrakurikuler Pramuka Tidak Dihapus, Nadiem: Mohon Tidak Lagi Dibahas

Rabu, 03 April 2024 - 14:24 WIB
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menegaskan pramuka tidak dihapus sebagai ekstrakurikuler di sekolah. Foto/YouTube Komisi X DPR RI.
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menegaskan ekstrakurikuler Pramuka tidak dihapus di sekolah. Pramuka bahkan menjadi hal wajib yang disediakan di sekolah.

Penegasan ini Nadiem sampaikan pada Raker Komisi X DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

"Mohon tidak lagi dibahas bahwa Pramuka dihapus atau dihilangkan dari sekolah karena peraturannya sangat jelas bahwa itu menjadi ekskul yang wajib diselenggarakan oleh sekolah," ucap Nadiem.

Baca juga: Muzani: Menghapus Pramuka sebagai Ekstrakurikuler Wajib Sangat Keliru

Bahkan, mantan petinggi Gojek ini mengatakan, pihaknya akan meningkatkan status Pramuka dengan memasukkannya ke dalam Kurikulum Merdeka. Dengan begitu, kata Nadiem, Pramuka tak hanya lagi menjadi kegiatan ekstrakurikuler.

"Satu hal yang menurut saya secara prinsip sangat menarik adalah bagaimana kita meningkatkan status pramuka dari yang tadinya hanya ekstrakurikuler untuk muatannya itu bisa masuk ke dalam Kurikulum Merdeka," ucap Nadiem

"Jadi itu satu hal yang bisa meningkatkan status nilai-nilai Pramuka yang tadinya hanya ekstrakurikuler bisa masuk ke dalam co-kurikuler," tandasnya.

Baca juga: Komisi X DPR Agendakan Raker dengan Nadiem Makarim, Bahas TPPO dan Pramuka



Sementara itu, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Anindito Aditomo menegaskan, Pramuka akan masuk ke dalam Kurikulum Merdeka. Ia pun menegaskan, tak ada penghapusan Pramuka dari kegiatan ekskul di sekolah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More