5 Jalur Masuk Universitas Indonesia 2024 Selain SNBT dan SNBP, Ini Daftarnya

Kamis, 11 April 2024 - 09:00 WIB
Salah satu jalur masuk Universitas Indonesia (UI) selain SNBT dan SNBP adalah SIMAK UI yakni jalur seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan UI. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 5 jalur masuk Universitas Indonesia (UI) selain SNBT dan SNBP yang perlu diketahui. Kamu yang berminat mendaftar di UI, ada sejumlah jalur masuk yang perlu diketahui selain jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Apa saja? Artikel kali ini akan membahas 5 jalur masuk UI selain SNBT dan SNBP, simak ya!

5 Jalur Masuk UI Selain SNBT dan SNBP



1. Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)



Salah satu jalur mandiri UI ini merupakan jalur seleksi yang mempertimbangkan nilai rapor serta indeks sekolah dalam seleksinya. Seleksi ini menyediakan dua jenjang yaitu Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).

Pada jalur PPKB ini, terdapat dua jenis yaitu PPKB Reguler dan Non reguler. Mahasiswa yang masuk di kedua jalur ini akan mendapatkan pendidikan yang setara.

Perbedaan antara PPKB Reguler dan Non reguler adalah terkait biaya pendidikan. Untuk mahasiswa dengan jalur masuk PPKB Reguler, akan menggunakan sistem UKT dalam pembayaran biaya pendidikan.

Untuk non reguler, besar biaya pendidikannya mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1). Sedangkan bagi jenjang Vokasi, besar biaya pendidikannya juga mengikuti SK Rektor terkait biaya pendidikan (meliputi UKT per semester dan IPI di semester 1)

Periode pendaftaran : 25 April - 14 Juni 2024

2. Seleksi Jalur Prestasi (SJP)



Salah satu jalur seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru UI TA 2024/2025 adalah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Termasuk jalur masuk mandiri UI, SJP menerima calon mahasiswa berdasarkan prestasi nonakademik yang pernah diraih.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More